Apa itu Inbox di Facebook? Arti, Jenis Hingga Cara Melihatnya

Sebagai sosial media, Facebook menyediakan fitur messenger yang memungkinkan setiap pengguna bertukar pesan secara personal tanpa bisa dilihat banyak orang.

Fitur ini sangat membantu pengguna berkomunikasi dari jarak jauh. Pengguna dapat mengirim sebuah pesan, begitu juga sebaliknya dapat menerima pesan. Nah, pesan yang masuk di dalam kolom percakapan biasanya disebut Inbox.

Inbox selalu dikaitkan ketika kamu menerima pesan pribadi dari orang lain di sosial media atau email. Namun, istilah inbox sendiri sebenarnya paling populer di platform Facebook.

Apalagi sosial media milik Mark Zuckerberg itu menyediakan fasilitas tambahan pada pesan dalam aktivitas jual beli di marketplace.

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang Inbox di bawah ini:

  1. Arti dari Inbox Facebook
  2. Jenis Inbox FB
  3. Cara Melihat Inbox di Facebook
  4. Cara Melihat Permintaan Inbox Facebook
  5. Cara Melihat Inbox Spam di Facebook

Arti dari Inbox Facebook

Inbox berasal dari bahasa Inggris yang berarti kotak masuk. Seperti namanya, setiap pengguna lain yang mengirim pesan personal kepada kamu maka itu disebut inbox.

Pesan-pesan yang dikirim secara personal tidak akan bisa dilihat oleh orang lain.

Contohnya, ketika teman mengirim pesan lewat messenger, maka dia akan mengatakan, “Cek inbox ya, aku mengirim sesuatu.” di kolom komentar.

Kata inbox sebenarnya populer sejak zaman mengirim surat. Setiap surat yang dikirimkan akan dimasukkan di masing-masing kotak di halaman rumah.

Karena dulu icon pesan Facebook mirip surat, maka kebiasaan memakai istilah inbox pun menjadi budaya hingga kini — meski sebenarnya Facebook telah mengubah icon messenger terbaru mereka.

Baca Juga: Apa itu Scroll?

Jenis-Jenis Inbox FB

Saat ini messenger facebook terbagi dalam dua kategori, yaitu personal dan marketplace.

Dalam pesan marketplace ada tambahan fitur yang menampilkan jumlah harga, nama barang, dan foto barang agar memudahkan pengguna bertransaksi dalam jual beli.

Uniknya dikedua jenis messenger ini penempatannya dibikin berbeda, apa saja? Berikut diantaranya:

1. Inbox Messenger Biasa

Saat teman atau keluarga mengirim sesuatu yang bersifat personal, itu disebut inbox messenger biasa. Aktivitas berbagi pesan pun hanya bisa dilihat oleh dua orang: kamu dan teman atau keluarga.

Cara mengaksesnya cukup gampang, kamu tinggal mengklik icon messenger yang ada di kanan atas layar untuk melihat daftar inbox yang telah dikirimkan ke kamu.

2. Inbox Marketplace

Inbox marketplace biasanya ditujukan untuk transaksi yang bermula dari forum jual beli Facebook. Biasanya, saat penjual menggelar jualannya dalam bentuk postingan, calon pembeli akan menanyakan harga jual di kolom komentar.

Kemudian si penjual akan membalas “Cek Inbox” yang berarti penjual telah mengirim pesan secara personal mengenai harga yang ditanyakan calon pembeli. Setelah itu transaksi dilanjutkan dalam bentuk percakapan personal.

Baca Juga: Apa itu Up?

Cara Melihat Inbox di Facebook

Ada beberapa cara untuk melihat inbox di FB, berikut ini caranya:

1. Melalui PC

Membuka inbox melalui PC sangatlah gampang.

Di halaman utama atau beranda Facebook, arahkan pointer mouse ke kanan atas layar pada icon Messenger. Kemudian klik ikon tersebut dan akan muncul daftar inbox kamu.

2. Melalui HP

Sekarang ini aplikasi Facebook tidak lagi bisa melihat pesan yang masuk atau inbox. Sebab fitur itu hanya dibatasi untuk pengguna aplikasi Messenger saja. Untuk itu, download aplikasi Messenger di Playstore/Appstore.

Saat instalasi selesai, login menggunakan akun facebook dan kemudian daftar inbox sudah bisa dilihat dan kamu sudah dapat bertukar pesan.

Baca Juga: Apa itu Pesan Bintang di WhatsApp?

Cara Melihat Permintaan Inbox Facebook

Facebook tidak membatasi mengirim inbox kepada siapapun, meski begitu mengirim inbox kepada pengguna yang belum menjadi teman biasanya akan dimasukkan ke halaman khusus.

Baru setelah pesan diterima, pesan tersebut akan masuk di daftar pesan dan bebas bertukar pesan.

Cara melihat permintaan inbox di Facebook cukup gampang. Buka messenger, kemudian cari kolom “Permintaan Pesan/Message Request” dan tap.

Cara Melihat Inbox Spam di Facebook

Inbox spam di facebook biasanya diidentifikasi karena dapat membahayakan pengguna, misalnya saat orang lain mengirim tautan yang tidak dikenal dan berpotensi phising.

Pesan-pesan spam berada di halaman yang sama dengan permintaan pesan. Pergi ke halaman permintaan pesan > cek tab “See Spam/Lihat Spam” kemudian daftar pesan spam bisa dilihat semuanya.

Itulah artikel Inbox di Facebook. Meski merupakan istilah umum yang sering digunakan, beberapa orang masih bingung dengan penggunaan dan konteks mengenai inbox. Semoga bermanfaat.

Yuk Diskusikan di Komentar