Apa itu Latepost? Pengertian, Perbedaan dan Contohnya

Sosial media menjadi sarana untuk mengekspresikan diri. Selagi tidak kelewat batas, semua orang berhak dan bebas memposting apa saja di sosial media. Lewat konten teks, foto hingga video semua orang larut di dalamnya.

Tak jarang, ekspresi di sosial media menimbulkan kata-kata yang kelewat baru yang hanya bisa dimengerti oleh sekumpulan orang-orang yang berada di sana. Salah satunya adalah latepost.

Latepost merupakan satu dari sekian kata yang populer di sosial media. Kata ini biasanya diekspresikan pada sebuah unggahan yang kejadiannya sudah lama dan baru saja diunggah.

Kepopuleran kata latepost bisa dipahami, sebab tak sedikit pengguna sosial media yang masih mengunggah konten lama untuk diabadikan di media sosial atau sekadar hanya ingin bernostalgia dengan momen yang sudah lewat.

Arti Latepost dalam Bahasa Gaul

Latepost berasal dari bahasa Inggris yang memiliki dua suku kata yaitu Late dan Post. Late berarti telat sedangkan post berarti postingan.

Sehingga Latepost adalah postingan dalam bentuk video dan foto di mana momen kejadian tersebut telah lama diambil dan baru saja diunggah di media sosial.

Contohnya acara wisuda yang momennya dijepret pada akhir tahun kemudian baru diunggah pada satu bulan setelahnya.

Latepost biasanya ditemukan pada caption Instagram dan Facebook dan disertai dengan hastag.

Arti Kata Latepost dalam KBBI

Kata latepost memiliki akronim dalam bahasa Indonesia. Jika menilik dari KBBI, late berarti kasip; terlambat, sedangkan post berarti tulisan atau unggahan yang disebarkan melalui media sosial.

Jadi, latepost menurut KBBI adalah tulisan atau unggahan yang terlambat disebarkan melalui media sosial.

Arti Latepost di Wikipedia

Latepost merupakan slang yang populer lewat media sosial. Sejauh ini kata latepost belum dibuat di laman Wikipedia.

Arti Kata Latepost di Google Terjemah

Latepost jika diterjemahkan melalui Google Terjemahan dari Inggris ke Indonesia, berarti ‘Postingan Telat’.

Baca Juga: Apa itu Typo?

Perbedaan Antara Latepost dan Repost

Kata latepost dan repost merupakan kata populer di media sosial, meski fungsinya berbeda, tak sedikit warganet yang kesulitan membedakan arti dari ke duanya. Berikut deskripsi perbedaan antara latepost dan repost.

Latepost

  1. Latepost biasanya merepresentasikan ekspresi terhadap foto-foto yang momentumnya telah lama dan baru diunggah untuk dikenang atau diabadikan di dalam sosial media.
  2. Gap antara waktu posting dan momentum dalam konten biasanya berdekatan karena jika terlalu jauh, maka ada ungkapan lain yang lebih tepat, yaitu throwback.

Repost

  1. Kalau latepost menunjukkan momentum foto yang telah lewat, berbeda dengan repost yang artinya bisa lebih luas.
  2. Repost berarti mengunggah kembali konten-konten (biasanya berita, video lucu, meme) yang tersebar di internet untuk didistribusikan sebagai media informasi atau hanya lucu-lucuan.
  3. Repost tidak terbatas pada waktu kejadian, sehingga semua konten yang paling baru dan lawas bebas untuk didistribusikan kembali. Termasuk juga dalam bentuk foto, video, text hingga tautan.

Baca Juga: Apa itu Up?

Contoh Latepost di Instagram

Kebanyakan latepost sering diungkapkan pada saat mengunggah foto/video lampau yang sebenarnya sudah telat di masa sekarang.

Umumnya pengunggah postnya bakalah mengunggah ke akun media sosial, terutama Instagram. Nah, ada salah satu contoh postingan di Instagram yang telat post itu, di bawah ini gambarnya.


Itulah artikel Apa Itu Latepost. Kata-kata gaul seperti ini menambah nuansa seru dalam bersosial media.

Bagaimanapun, media sosial merupakan tempat untuk mengekspresikan diri dan beberapa tren kerap kali menjadi budaya.

Tak heran, jika ke depan akan lebih banyak lagi kata-kata slang atau gaul yang lahir dari sana dan sering digunakan. Semoga bermanfaat.

Yuk Diskusikan di Komentar