Apa itu POV? Pengertian & Contohnya Dalam Media Sosial

Belakangan kata POV sangat populer di jagat dunia maya. Mekarnya kata POV ini sangat terasa di TikTok. Apalagi smedia sosial asal Tiongkok ini mempunyai fitur yang bernama Stitch yang kerap kali digunakan sebagai ekspresi POV.

Tidak hanya populer di TikTok, saat ini POV merambah ke lini media sosial lain seperti Wattpad, Twitter bahkan Instagram.

Kata POV biasanya ditemukan di caption unggahan-unggahan media sosial yang menunjukkan bahwa konten tersebut mengandung sudut pandang tertentu.

Sebenarnya apa itu POV? Bagaimana cara kerjanya? Apalagi istilah itu baru tren di tahun 2021. Untuk itu, berikut penjelasan POV dikutip dari berbagai sumber.

  1. Pengertian POV
  2. Arti POV Dalam Kamus Bahasa Inggris
  3. Arti POV di Terjemahan
  4. Contoh Penggunaan Kata POV

Pengertian POV Secara Umum

POV merupakan singkatan dari Point of View dalam Bahasa Inggris, yang berarti sudut pandang, pendapat atau perspektif.

Istilah POV biasa digunakan untuk menentukan dari sudut mana suatu cerita itu ditulis atau diceritakan.

Contohnya saat orang lain yang melewati dan membuat cerita, kemudian diceritakan kembali dengan sudut pandang dari orang yang berbeda.

Misal dari sudut pandang pertama (Orang A), sudut pandang orang kedua (B), dan sudut pandang orang ketiga ( C).

Arti POV Dalam Kamus Bahasa Inggris

POV merupakan akronim dari Point of View yang berasal dari Bahasa Inggris, kalau diterjemahkan ke Bahasa Indonesia berarti sudut pandang, pendapat dan segi pandangan.

Arti POV di Google Terjemah

POV dalam google terjemah juga memiliki pengertian yang sama: sudut pandang; pendapat; segi pandangan. Sehingga istilah ini memiliki satu fungsi dan konteks dalam penggunaannya.

Baca Juga: Apa itu Scroll?

Contoh Penggunaan Kata POV

Berikut ini ada dua contoh penggunaan kata POV di internet, antara lain di TikTok dan Wattpad. Lebih lanjut, silakan simak penjelasan berikut:

Contoh POV di TikTok

TikTok selalu seru untuk diikuti, konten-kontennya yang tidak hanya berisi informasi bermanfaat, tapi juga mengandung komedi-komedi yang menjadi ciri khas yang bernaung di dalamnya.

Salah satunya fitur Stitch, di sini setiap pengguna dapat melakukan POV untuk berinteraksi dengan pengikutnya. Berikut POV di bawah ini:

Di panel kiri merepresentasikan orang lain lalu ada tulisan “Ketika mantan gebetan lebih jelek dari wajah kamu”, lalu diikuti oleh gerakan orang yang sama berbalik sambil memiliki gestur sok cantik dan ganteng.

POV di atas berarti sang sebagai konten kreator berpura-pura dari sudut pandang penanya dan sudut pandang penerima pertanyaan seraya diikuti gestur sok cantik atau ganteng.

Contoh POV di Wattpad

“Aku berjalan menyusuri bibir pantai pada malam hari. Udara waktu itu cukup dingin, ditemani desiran ombak yang tidak terlalu berisik. Langit-langit pada malam itu juga cukup cerah dan diisi oleh bintang-bintang yang berkilauan.”

“Aku sangat menyukai momen ini seraya berharap malam-malam kelam yang dulunya menghantuiku diganti oleh gemerlap perasaan yang dirasakan saat ini.”

Contoh di atas adalah sudut pandang orang pertama (A) yang menceritakan ceritanya sendiri. Biasanya narasi ini menceritakan tokoh utama.

Selain itu, cerita di atas juga bisa dijelaskan oleh orang lain (B) yang menceritakan cerita (A), biasanya sudut pandang ini sering dipakai dalam novel horor, misteri dan film horor.


Itulah artikel Apa itu POV. Meski memiliki arti sederhana, tapi masih banyak yang bingung dengan arti istilah itu. Semoga bermanfaat.

Yuk Diskusikan di Komentar