Apa itu Scroll? Pengertian dan Contoh Penggunaannya

Dalam mengeksplorasi internet, kamu butuh aktivitas yang bernama scroll. Untuk membuka dan menikmati berbagai unggahan dan fitur di sana, kamu mesti melakukan scroll.

Sebenarnya apa itu scroll? Kenapa disebut scroll? Berikut penjelasan scroll seperti kami runut dari berbagai sumber.

Kata scroll berasal dari Bahasa Inggris, jika diterjemahkan secara harfiah ke Bahasa Indonesia berarti menggulir. Scroll juga bisa diartikan mengusap atau memuat. 

  1. Mengenal Scroll
  2. Arti Scroll di Kamus Bahasa Inggris
  3. Arti Kata Scroll di Google Terjemah
  4. Contoh Penggunaan Scroll

Mengenal Scroll

Usut punya usut, disebut scroll karena linimasa internet memiliki jangkauan yang luas sedangkan jarak pandang perangkat yang digunakan terbatas.

Misalnya di sosial media, saat menggunakan layar smartphone dan laptop yang statis, diperlukan scroll untuk menyelami berbagai unggahan teman di linimasa.

Biasanya kegiatan scroll pada smartphone disertai dengan mengusap jari dari bawah ke atas, sedangkan perangkat laptop dan komputer bisa menggunakan bantuan perangkat keras seperti tetikus (Mouse).

Nah, karena memiliki karakteristik seperti melihat kertas berisi informasi yang berada pada gulungan, maka istilah tersebut dinamakan serta populer dengan nama scroll.

Baca Juga: Apa itu POV?

Arti Scroll di Kamus Bahasa Inggris

Dalam kamus Bahasa Inggris scroll memiliki arti: kb. gulungan surat perkamen, surat gulungan. s. saw gergaji ukir.

Arti Kata Scroll di Google Terjemah

Sedangkan jika menggunakan tool Google Terjemahan, kata scroll berarti Menggulir; Menggulung.

Baca Juga: Apa itu Inbox di Facebook?

Contoh Penggunaan Scroll

Setelah mengetahui arti, fungsi dan filosofi scroll, berikut ini contoh penggunaan scroll di beberapa sosial media mainstream, sebagai berikut:

1. Scroll Medsos

Facebook: Facebook merupakan salah satu sosial media yang memiliki fitur yang melimpah. Fungsi scroll pada Facebook mencakup banyak hal. Misalnya, scroll berfungsi untuk menggulir linimasa agar semua unggahan teman bisa dilihat.

Begitu juga scroll dapat berfungsi untuk melihat isi komentar, menyelami linimasa grup hingga menikmati fitur seperti melihat kenangan, memberi suka di postingan, menyunting profil, mengunggah kiriman dan lain sebagainya.

Instagram: Fungsi scroll di Instagram lebih ringkas. Scroll membantu kamu untuk melihat lebih banyak unggahan foto dan video di linimasa Instagram sampai menyunting profil.

Begitu juga, untuk melihat setiap video di Reels Instagram, mengusap layar menjadi satu-satunya akses.

Tiktok: Tiktok adalah sosial media kreator berbagi video pendek yang bisa disunting sesuka hati. Penggunaan scroll di Tiktok sangat sederhana, scroll berfungsi untuk meloncat dari satu video ke video lain sehingga bisa menikmati lebih banyak video.

2. Scroll Up

Scroll up merupakan fitur yang memudahkan pengguna untuk kembali berada pada halaman teratas beranda atau lini masa. Scroll up biasanya ditemukan pada media baca seperti blog atau berita.

Lebih mudah, saat membaca sebuah tulisan yang sangat panjang scroll up membantu agar pengguna langsung berada di atas halaman utama untuk mengakses fitur lain atau sekadar memperbarui linimasa.

Baca Juga: Apa itu Up?


Itulah pengertian scroll. Artinya cukup mudah bukan? Jika di dunia nyata kamu mengeksplorasi bumi menggunakan kaki dan kendaraan, maka di dunia virtual seperti internet membutuhkan scroll untuk menjelajahi isi di dalamnya.

Yuk Diskusikan di Komentar