Apa itu Up? Pengertian, Contoh serta Alasannya

Lini masa sosial media selalu dihiasi dengan istilah-istilah baru yang bermunculan. Penggunaan istilah baru ini ditujukan pada aktivitas tertentu di dalam platform. Salah satunya up.

Kata up biasa dijumpai pada postingan Instagram, Twitter, Facebook atau di dalam aplikasi berbagi pesan seperti Whatsapp.

Lebih spesifik, up juga bisa ditemui pada forum jual beli, percakapan, atau di kolom komentar postingan seseorang.

Sebenarnya apa itu up? bagaimana fungsi up di sosial media? Berikut penjelasan lengkapnya seperti kami kutip dari berbagai sumber.

  1. Arti Up
  2. Arti Up dalam Jual Beli
  3. Contoh dan Penggunaan Kata Up
  4. Kenapa Perlu Melakukan Up di Medsos?

Arti Kata Up

Up berasal dari bahasa Inggris, secara harfiah berarti “naik” atau “atas”. Namun, up di sosial media memiliki fungsi tersendiri dengan maksud dan tujuan tertentu.

Salah satunya adalah agar postingan tidak tenggelam dan didahului oleh kiriman pengguna lain di linimasa atau grup.

Seraya dengan algoritma sosial media, jika terdeteksi ada aktivitas baru dalam postingan seperti komentar, maka postingan tersebut akan diprioritaskan berada di posisi teratas linimasa grup.

Arti Up dalam Jual Beli di FB, IG

Arti up dalam aktivitas forum jual beli di Facebook dan Instagram bisa lebih luas.

  • Pertama, arti up berperan untuk meramaikan sebuah postingan atau utas jual beli agar tidak terkesan sepi.
  • Kedua, arti up berperan agar postingan jualan tetap berada di posisi teratas dan tidak tenggelam oleh kiriman pelapak lain. Hal tersebut berfungsi supaya postingan dilihat lebih banyak calon pembeli.
  • Ketiga, arti up mengekspresikan bahwa pelapak belum setuju dengan tawaran calon pembeli. Contohnya: ‘Up dulu gan,’

Baca Juga: Apa itu Pesan Bintang di WhatsApp?

Contoh & Penggunaan Up dalam Transaksi Online

Setelah tahu arti up, ada baiknya mengetahui contoh dan penerapan kata up di dalam transaksi online. Berikut daftarnya:

1. Up di Postingan Jual Beli

Facebook jadi salah satu sosial media yang mempelopori kata Up di internet. Lewat forum jual belinya, pengguna dapat berkomentar dalam kiriman dengan ekspresi up agar postingan naik ke atas dan berpotensi dilihat lebih banyak calon pembeli.

2. Up sebab Tidak Jadi Transaksi

Up juga mengindikasikan sebab tidak jadi atau berlanjutnya transaksi. Misalnya saat ada yang menawar barang jualan di bawah harga penawaran, maka penjual akan menolaknya.

Penolakan tersebut biasanya beragam, salah satunya adalah dengan menggunakan kata Up. Contoh: “Up dulu gan. Tawarannya di bawah harga.”

3. Up pada Postingan Biasa

Penggunaan kata Up juga ditujukan pada komentar yang sifatnya pertanyaan, dan didukung oleh pengguna lain dengan menggunakan kata up.

Hal tersebut dikarenakan algoritma yang akan menampilkan komentar populer dengan banyaknya suka dan komentar. Dengan begitu, peluang untuk dijawab pengguna lain yang mengetahui jawabannya semakin besar.

4. Up pada Postingan Lama

Up pada postingan lama fungsinya sama seperti up pada forum jual beli. Biasanya konten yang di-up kembali terbenam hal-hal yang lucu, informatif atau sekadar mengingatkan kembali ke nostalgia dan momentum yang telah lama berlalu.

5. Up di Chat untuk Menaikkan Pesan Penting

Aktivitas obrolan isinya beragam, ada yang penting ada yang hanya sekadar basa-basi. Sering kali pesan-pesan yang dianggap tidak penting tersebut membanjiri isi percakapan.

Sehingga pesan-pesan yang seharusnya menjadi perhatian ikut mengalir dan tenggelam. Oleh sebab itu, up digunakan untuk menaikkan pesan penting tersebut agar naik ke permukaan dan berpeluang dilihat oleh banyak orang.

6. Up di Chat untuk Menimbun Chat

Konten yang dianggap aib, menjijikan dan sebagainya tentu sangat dihindari. Agar tidak dilihat lebih banyak orang, pengguna bisa melakukan kegiatan spam dengan mengetik tulisan asal, atau yang paling sering menggunakan up.

Baca Juga: Apa itu Latepost?

Kenapa Perlu Melakukan “Up” di Medsos?

Up merupakan kata powerful yang dapat mewakili berbagai keinginan dan tujuan khususnya di dalam transaksi jual beli di sosial media. Berikut alasan kenapa perlu melakukan up di medsos:

1. Agar Postingan Jual Beli Tidak Tertimbun

Forum jual beli khususnya di Facebook biasanya memiliki anggota yang mencapai puluhan ribu. Dengan banyaknya anggota tersebut, postingan-postingan di dalam grup menjadi sangat ramai.

Alhasil, potensi postingan tertimbun semakin besar. Perlu adanya aktivitas agar kiriman naik ke atas, salah satunya menggunakan kata up.

2. Agar Postingan Lama Naik Kembali

Kiriman atau postingan lama yang memiliki nilai emosional, lucu atau informatif terkadang ingin ditampilkan kembali di linimasa. Cara paling sering digunakan selain repost, adalah kata up.

3. Membatalkan Transaksi

Dalam jual beli biasanya diiringi dengan tawar menawar. Tawar menawar yang melibatkan pembeli dan penjual terkadang berakhir alot sebab tidak tercapainya permintaan dan penawaran di harga tertentu.

Kata up menjadi isyarat bahwa salah satu pihak enggan untuk melanjutkan transaksi.

4. Menaikkan Harga Saat Ditawar Terlalu Rendah

Meski harga yang dipatok cukup murah, namun masih banyak yang enggan memenuhi penawaran harga tersebut. Hasilnya calon pembeli masih akan menawar dengan harga yang sangat rendah.

Kata up di sini berfungsi penolakan dari penjual dan bertujuan agar calon pembeli menaikkan nilai tawaran mereka dari sebelumnya.


Itulah artikel apa itu Up. Meski hanya mengandung dua huruf, dan entah siapa yang memulainya duluan, up sangat memudahkan pengguna untuk menjelaskan tujuan yang diinginkan tanpa perlu repot-repot menulis panjang lebar.

Kamu sendiri sering menggunakan kata up untuk tujuan yang mana? Ceritakan di bawah ya! Semoga bermanfaat.

Yuk Diskusikan di Komentar