Cara Aktivasi Windows 11

Windows 11 akan segera diluncurkan pada tanggal 24 Juni mendatang. Perihal hal ini, kami menyempatkan membuat sebuah langkah-langkah mengaktifkan Windows 11.

Pasalnya banyak pengguna Windows yang masih kebingungan mengenai aktivasi Windows 11. Katakanlah misal Windows 11 ini perlu lisensi baru.

Faktanya, Windows 11 tidak demikian. Malahan jika kalian memiliki lisensi Windows 7 dan 8.1 original dipakai buat aktivasi Windows 11 tetap juga bisa aktif Windowsnya.

Teruntuk Windows 10, kalian juga tidak perlu khawatir lantaran bisa memasang Windows 11 dengan update sistem operasinya melalui Windows 10 update Assistant. Dengan demikian lisensi Windows 10 akan terbawa ke Windows 11 dan otomatis Windows 11 juga akan teraktivasi.

Namun buat kalian yang memasang Windows 11 dari installer ISO, kalian perlu mengaktifkan OS terbaru tersebut jika lisensi kalian tidak tertanam di motherboard. Untuk itu berikut langkah selengkapnya:

Bahan yang Dibutuhkan

Sebenarnya kalian tak perlu membutuhkan bahan yang kompleks. Cukup siapkan lisensi Windows 7, 8.1 maupun Windows 10 original.

Semisal kalian tidak mempunyai lisensi original, pakailah lisensi OEM maupun ritail yang dibeli dari marketplace online.

Baca Juga : Cara Menghapus Windows 10 21H1

5 Langkah Mudah Aktivasi Windows 11 Permanen

Berikut ini langkah – langkah untuk aktivasi Windows 11 secara legal:

1. Salin Product Key

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah menyalin product key. Product key merupakan sekumpulan kode khusus untuk mengaktivasi sistem operasi Windows agar menjadi full version.

Nah, biasanya product key yang sudah kalian beli akan masuk ke email (Jika membeli lisensi Windows ritail). Coba salin kode lisensi tersebut sekarang juga.

2. Buka Menu Settings

Setelah menyalin kode tersebut, saatnya kalian menuju ke komputer yang sudah terinstall Windows 11. Kemudian masuk ke Settings.

Umumnya tempat Settings ini sama seperti di Windows 10, letakknya ada di Start Menu lalu tekan tombol berikon roda gerigi.

3. Lalu Buka “System”

Tampilan utama Settings pada Windows 11 pun hampir sama dengan Windows 10. Untuk itu sekarang saatnya kalian klik menu “System”.

4. Klik Menu Activation

Berikutnya kalian perlu memilih menu Activation. Menu ini berada di bagian tengah-tengah jendela pengaturan System Windows 11 tadi.

Kemudian lihat bagian kanan, disana akan tertera tulisan “Change Product Key”, klik tulisan Change untuk memulai membuka jendela aktivasi.

5. Masukkan Lisensi Windows

Ini merupakan langkah terakhir, dimana kalian cukup menempelkan lisensi yang telah dicopy tadi ke kolom jendela aktivasi.

Disini aktivasi Windows 11 memerlukan akses internet untuk proses verifikasi lisensi yang kalian gunakan. Jadi kalian perlu sambungkan komputer ke internet terlebih dahulu.

Setelah itu klik tombol Next lalu ikuti instruksi yang diberikan, sangat mudah kok!

Catatan: Sebagai penyuka sekaligus pengguna setia Windows, sebaiknya hindari aktivasi Windows 11 menggunakan program bajakan semacam KMS Pico, KMS Auto Lite dan sebagainya. Hal ini bertujuan demi menghindari bahaya ancaman rasomware.

Yuk Diskusikan di Komentar