2 Cara Hapus Windows 10 21H1 Paling Mudah

Windows 10 baru-baru ini terdapat pembaruan versi dari versi 2004 ke 20H1 dan 21H1. Pembaruan ini bukan update major sedangkan update kali ini hanya berfokus pada pembaruan keamanan, stabilitas Windows 10 dan penambahan fitur.

Meskipun ini hanya update minor, kadang ada pengguna Windows 10 yang melakukan update secara otomatis. Sehingga pengguna tersebut merasa bahwa Windows 10 versi terbarunya agak kurang stabil atau masih terdapat bug.

Kebetulan banget beberapa waktu terakhir, kami mengecek versi Windows 10. Harapannya di versi terbaru saat ini tidak memiliki masalah, namun harapan tersebut pupus akibat versi terbarunya bermasalah seperti yang sudah kami singgung di atas tadi.

Pada beberapa kasus seperti ini salah satu cara untuk antisipasinya adalah menghapus versi update Windows 10. Penghapusan ini akan berlangsung kurang dari sejam, pasalnya hanya rollback ke versi 20H1, 2004 atau 1909.


Yang Perlu Diperhatikan

Menghapus WIndows 10 21H1 ini harus ada yang kalian perhatikan. Sebelum memulai merollback atau mengembalikan ke versi Windows 10 sebelumnya, kalian perlu perhatikan hal-hal berikut:

  1. Kalian harus punya file Windows.old, karena cara menghapus ini sama saja mengembalikan versi lama sebaiknya kalian memiliki file tersebut
  2. Kalian tidak perlu khawatir dengan kehilangan data, termasuk di Local Disk C. Pasalnya penghapusan Windows 21H1 ini hanya untuk mengembalikan versi saja, bukan downgrade sistem operasi
  3. Selain itu, aplikasi yang kalian install juga tidak akan hilang meskipun tersimpannya di Disk C

Rollback ke Windows 10 20H1

Khusus jika kalian ingin ke Windows 20H1 dari 21H1, kalian tidak perlu file Windows.old.

Apabila kalian ingin menghapus versi Windows 21H1 dirollback ke versi 20H1 maka lakukanlah langkah-langkah berikut ini:

  • Langkah #1: Masuk ke program Control Panel
  • Langkah #2: Buka pada menu Program & Featured
  • Langkah #3: Temukan program bernama “Feature Update to Windows 10 21H1 via Enablement Package”
  • Langkah #4: Klik kanan program tersebut lalu pilih opsi Uninstall

Setelah selesai mencopot program feature update Windows 21H1 ini, Windows 10 kalian sudah berhasil kembali ke versi 20H1. Untuk langkah selanjutnya adalah melakukan Restart komputer.

Baca Juga: Cara Defrag HDD di Windows 10

Rollback ke Windows 1909

Pada langkah menghapus versi Windows terbaru menjadi ke 1909 ini memerlukan file yang bernama Windows.old. Jadi sebelum memulai langkahnya sebaiknya pastikan dulu kalian ada file tersebut.

Apabila kalian tidak memiliki file Windows.old, proses penghapusan tidak akan berjalan dan kalian tidak dapat mengembalikan ke versi lawas. Jika mempunyainya, silakan ikuti langkah-langkahnya seperti berikut:

  1. Masuk pada program Settings
  2. Kemudian pilih pada menu Update & Security
  3. Setelahnya masuk pada menu Recovery
  4. Pada tampilan jendela sisi kanan, cari menu “Go Back To the Previous Version of Windows 10”
  5. Selanjutnya klik pada opsi Get Started
  6. Terakhir tunggu proses rollbacknya

Proses pengembalian versi Windows menggunakan file Windows.old ini lamanya tergantung dari komputer/laptop kalian ya.

Nah itu tadi cara menghapus Windows 10 21H1 bagi pengguna seperti kalian yang tidak ingin terlebih dahulu memakai Windows 10 terbaru. Alasan yang paling umum sudah sempat kami singgung diatas tadi.

Yuk Diskusikan di Komentar