Cara Melihat ID Telegram

Telegram merupakan aplikasi perpesanan instan yang fungsinya serupa dengan WhatsApp bahkan memiliki beberapa keunggulan, seperti kapasitas grup yang memuat hingga 5000 orang. Pengguna aplikasi ini bisa saling menyimpan kontak melalui beberapa cara salah satunya menggunakan ID Telegram.

Pengguna aplikasi layanan berbagi pesan instan maupun media lain seperti foto hingga video berbasis cloud ini sangat mudah digunakan. Penggunanya bisa berbagi dan saling menyimpan kontak melalui nomor telepon, ID maupun Username Telegram.

Apa Itu ID Telegram?

ID Telegram adalah kode unik yang digunakan pengguna Telegram untuk memberi nama akun Telegramnya. Kode unik ini akan menampilkan huruf, angka atau karakter khusus.

Kode unik ini juga sering disebut dengan Username. Karena pada dasarnya ID ini digunakan untuk mengenali setiap pengguna Telegram agar tidak sama. Lantas yang mana Telegram ID itu? dan bagaimana cara melihatnya?.

Cara Membuat ID Telegram Kita Sendiri

#1. Buka Aplikasi Telegram

Langkah pertama yang perlu kalian lakukan adalah menjalankan aplikasi Telegram terlebih dahulu.

#2. Buka Menu Pengaturan

Setelah aplikasi Telegram terbuka, sekarang temukan menu Setting/Pengaturan. Menu ini berada di sebelah kiri.

Untuk menampilkannya, kalian perlu lakukan step berikut:

  • Menekan tombol Tumpukan Garis 3 Sejajar
  • Kemudian temukan menu Settings

#3. Ketuk ID Telegram Berawalan At (@)

Apabila kalian ingin menambahkan Username Telegram karena kalian adalah pengguna baru. Maka kalian cukup ketuk menu bergambar “@”.

Kemudian isikan Username yang ingin kalian gunakan, usahakan sesuai Syaratnya ya dan jangan lupa untuk mengecek ketersediaan Username yang kalian gunakan.

Syarat: Kalian dapat menggunakan huruf a-z, nomor 0-9 dan underscore. Panjang karakter minimal 5. Selain itu, kalian juga bisa menggunakan huruf kapital.

Cara Melihat ID Telegram Dengan Bot

Buat kalian yang masih bingung ID Telegram yang mana, Telegram ID ini bisa kalian lihat dengan minta bantuan bot. Cara mengetahui ID Telegram kita sendiri sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Step #1: Buka aplikasi Telegram dan klik pada kotak pencarian
  • Step #2: Ketikkan userinfobot, kemudian klik pada akun userinfobot dengan keterangan bot. Untuk cara cek id telegram ini kalian jangan sampai salah pencet ya, sebaiknya pastikan yang kalian pilih adalah dengan keterangan bot
  • Step #3: klik saja start atau mulai, kamu akan langsung mendapatkan balasan berupa data Telegram ID kalian yang berisi tentang nick name, ID, nama depan dan nama belakang pengguna

Dari pesan balasan tersebut kalian bisa melihat info ID Telegram, dengan username di bagian paling atas yang ditandai dengan awalan @, dan nomor ID kalian berada di baris kedua tepat di bawah username.

Baca Juga : Cara Nonton Drakor Di Channel Telegram

Cara Mencari ID Telegram Teman

Untuk cara mencari ID Telegram teman juga tak terlalu sulit untuk dilakukan. Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah klik pada kolom pencarian lalu ketik @ dan diikuti Nama Pengguna yang ingin kalian cari.

Jika sudah ketemu selanjutnya klik pada akun tersebut, kemudian akan masuk pada menu percakapan. Lalu akan muncul informasi mengenai akun yang kalian pilih tersebut, seperti nomor hp, Bio dan Username.

Cara Mengganti dan Melihat ID Telegram

Untuk mengganti Telegram ID kalian, caranya juga cukup sederhana. Hanya saja penggantian ID ini hanya sebatas pada nama dan username saja bukan pada Nomor ID.

Cara mengganti id telegram ini gampang, cukup masuk ke akun Telegram kalian, dan saat sudah di beranda kalian tekan simbol tiga garis yang ada di pojok kiri atas kemudian untuk masuk ke menu Setting kalian tekan lambang Gerigi.

Untuk mengganti ID nama Telegram berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah #1: Tekan simbol titik tiga yang ada di bagian pojok kanan atas
  • Langkah #2: Pilih opsi Edit Nama lalu kalian masukkan nama depan kalian pada kolom bagian atas dan nama belakang kalian pada kolom bagian bawah
  • Langkah #3: Klik tanda centang di bagian pojok kanan atas
  • Langkah #4: Kembali ke menu Pengaturan
  • Langkah #5: Ketuk opsi bertuliskan “Username”
  • Langkah #6: Gantilah nama pengguna Telegram sesuai keinginan

Cukup segitu saja dulu cara melihat ID Telegram. Meski caranya sangat lengkap, bila kalian merasa kayak ada yang kurang, kalian boleh menambahkannya melalui kolom komentar ya.

Yuk Diskusikan di Komentar