Cara Membuat Bot Telegram

Cara Membuat Bot Telegram bisa dilakukan secara mudah dengan atau tanpa menggunakan kode program (coding) sekalipun.

Namun sebelumnya kita perlu mengetahui apa itu yang dimaksud Bot Telegram supaya lebih memahami betul kegunaannya.

Adapun pengertian lebih lanjut ada pada penjelasan berikut ini yang wajib kamu simak!

Apa Itu Bot Telegram?

Bot Telegram mampu menjalankan perintah dari penggunanya walau hanya bisa mendukung telegram pada perangkat berfitur AI (Artificial intelligence / Kecerdasan Buatan).

Banyak orang yang memanfaatkan bot Telegram untuk memudahkan pekerjaan. Bahkan tidak jarang para siswa mempergunakannya untuk belajar, misalnya saja belajar memahami matematika dan lain-lain

Fungsi Bot Telegram

Pada dasarnya bot Telegram akan melakukan perintah sesuai dengan apa yang penggunanya minta. Dari mulai melakukan pencarian, penghubung, sebagai alat pengingat hingga banyak lagi lainnya.

Banyak bidang yang akhirnya mendapat kemudahan dalam hal pemanfaatan bot telegram tersebut.

Dalam dunia pendidikan misalnya, banyak siswa yang juga memanfaatkan fasilitas ini. Bisa saja seiring berjalannya waktu, akan punya banyak pengguna setia yang selalu bisa memanfaatkan setiap kemudahan yang ada.

Disisi cara kerjanya, pengguna akan bisa berinteraksi dengan bot pada saat pengguna mengirim sebuah pesan atau suatu perintah tertentu.

Cara Membuat Bot Telegram yang Bisa Dibalas Sendiri

Tutorial bot Telegram atau cara membuatnya akan kami bahas pada penjelasan berikut ini. Pada dasarnya tahap ini tidak terlepas dari BotFather atau bisa diartikan bapak dari bot yang punya pengaruh penting dalam prosesnya.

Seperti apa penjelasan lengkap dan tahapan-tahapan pembuatan bot tersebut, langsung saja kalian simak:

1. Buat Botnya Dulu

  • Lakukan pencarian @Botfather pada fitur search dan pilih bot tersebut, namun perlu diperhatikan juga untuk memilih bot yang asli dengan tanda centang biru di sebelahnya
  • Pilih dan klik “Mulai” untuk mengaktifkan BotFather tersebut sebelum beralih pada tahapan yang selanjutnya
  • Setelahnya akan muncul suatu perintah yang nantinya dapat digunakan untuk mengelola bot
  • Karena kalian ingin membuat bot Telegram baru, kalian bisa memilih atau juga mengetik perintah /newbot dan tekan tombol Send
  • Selanjutnya kalian bisa memilih nama untuk bot kalian hingga pelanggan nantinya akan melihatnya pada percakapan
    1. Pilih yang sekiranya unik dan diakhiri dengan kata “bot”
    2. Gunakan tanda undescore sebelum tulisan bot, contoh Thelastsurvivors_bot
  • Selanjutnya akan muncul link ke bot kalian yang merupakan sebuah tanda jika prosesnya sudah mendekati selesai

Jika ingin menghubungkan bot ke SendPulse biasanya kamu memerlukan token supaya bisa masuk pada setiap prosesnya.

Untuk itulah proses pembuatan Token juga ada pada ulasan ini.

2. Temukan Token

Cara add bot Telegram sudah dibahas pada penjelasan di atas dengan jelas dan lengkap. Selanjutnya, kalian bisa melihat cara menemukan token pada penjelasan berikut:

Langkah Pertama: Kalian bisa pergi ke @BotFather dan masukan perintah /token hingga akan memperlihatkan token dari bot kalian

Langkah Kedua: Nantinya akan muncul tombol dengan Nama Bot yang sebelumnya dibuat, contoh nama bot kami adalah Thelastsurvivors_bot

Langkah Ketiga: Salin Token tersebut yang nantinya dapat menghubungkan dengan Sendpulse

Penggunaan robot di Telegram Android seringnya digunakan sebagai media promosi bisnis seperti jasa (apa aja sih), bitcoin dan jualan pulsa. 

Selain promosi bisnis, kalian juga dapat promosi jasa selain bisnis. Jasa tersebut seperti Quiz (Tanya & Jawab) yang akan di reply secara otomatis oleh penggunanya.

Apabila kalian ingin memakai robot Tele sebagai media pemasaran, nama ID Telegram kalian tidak bakalan terdeteksi kok. Ya semacam akun kalian nampak anonymous gitu.

Jadi, bagaimana caranya? berikut cara membuatnya secara sederhana:

3. Hubungkan Bot ke SendPulse

Sebelum mulai menghubungkan bot Telegram ke Senpulse, kalian harus mendaftar akun Sendpulse terlebih dahulu.

Pendaftaran akun SendPulse tidak dikenakan biaya sedikitpun. Hanya saja kalau kalian ingin menggunakan layanan multi channel marketing, kalian perlu membayar kepada pihak SendPulse.

Kabar baiknya pihak SendPulse memberikan trial kepada setiap pengguna baru untuk memakai layanan tersebut selama beberapa hari. Jadi semacam pengenalan dulu gitu. 

Nah setelah membuat akunnya, kalian masih perlu membuat Chatbot. Kalau sudah, saatnya ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menghubungkan bot ke sendpulse:

  • Step pertama ialah pergi ke bagian “Chatbots” pada akun SendPulse kalian hingga muncul beberapa menu yang bisa dipilih nantinya
  • Untuk penggunaan pertama, klik pada “Connect Channels”
  • Lalu pilih Telegram -> Add Bot, sementara kalau yang sudah pernah sebelumnya arahkan pada “Main” dan pilih tombol “Manage bots
  • Masukan token yang telah kalian “Salin” tadi selanjutnya klik “Enable”
  • Untuk selanjutnya pilih “Connect” dan akan diarahkan pada aplikasi telegram dan “Subscribe”

4. Cara Menggunakan Bot untuk Promosi

Mungkin kalian ingin menggunakan bot Telegram sebagai media promosi. Pemanfaatan bot seperti ini seolah-olah pengguna yang menemukan bot kalian bisa saling membalas chat dengan kalian lho.

Bagaimana caranya? berikut cara yang kami maksud:

  1. Buka SendPulse
  2. Lanjut membuka menu Chat
  3. Setelah itu menu Chat akan terbuka, dan setiap kali kalian mengirim pesan lewat SendPulse maka semua orang yang berlangganan di Bot Telegram kalian akan menerima pesan dari kalian

Promosi menggunakan bot Telegram itu susah-susah gampang. Susahnya disaat mencari kolam untuk jualan. Biasanya kolam tersebut memanfaatkan grup maupun channel Telegram.

Maka jadinya kalian perlu membuat grup dan Channel Telegram kemudian cari anggota dan pelanggan untuk setia berada di kolam tersebut.

Dengan begitu kalian bisa melancarkan tujuan utama, yaitu melakukan transaksi maupun jualan.

Jika pembahasan cara membuat bot di Telegram diatas bermanfaat, kalian boleh kok membagikan pembahasannya kepada semua orang atau kalau ada kekurangan penyampaiannya bisa tulis di kolom komentar.

Yuk Diskusikan di Komentar