7 Cara Membuat Instagram Music di Story, No Ribet

Setelah penantian cukup panjang, akhirnya Instagram secara resmi merilis Instagram Music di Indonesia pada tanggal 23 Juni silam.

Karena fitur ini terbilang masih baru, tentu banyak pengguna yang masih belum bisa untuk menggunakan fitur IG Music ini.

Jadi di kesempatan ini, Wantek akan memberikan sebuah cara untuk membuat Instagram Music di Story. Namun sebelum itu, kamu wajib mengetahui lebih dalam lagi apa itu Instagram Music.

Mengenal Instagram Music

IG Music sendiri merupakan sebuah fitur untuk menambahkan musik atau backsound di Story Instagram dengan durasi 15 detik.

Sebenarnya Instagram Music pertama kali dirilis pada 28 Juni 2018 di beberapa negara, khususnya negara di benua Eropa dan beberapa negara di benua Amerika dan Asia.

Meskipun sekarang IG Music sudah masuk Indonesia, namun kebanyakan pengguna Instagram belum mengetahui cara membuatnya bahkan menggunakan fitur tersebut.

Nah untuk menggunakannya, fitur Instagram Music ini tersedia di menu Sticker yang bisa kamu buka saat kamu sedang membuat Story. Daripada bingung, simak pembahasan ini sampai habis.

Cara Membuat Instagram Music dan Mengunggahnya ke Story

Berikut ini langkah-langkah untuk membuat Instagram Music sekaligus mengunggahnya ke Snapgram:

Langkah 1: Jalankan Aplikasi Instagram

Langkah pertama yang harus kamu lakukan tentu saja membuka aplikasi Instagram yang ada di HP kamu. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa kamu sudah login ke akun IG kamu.

Langkah 2: Buat Story Foto/Video

Langkah selanjutnya, silahkan buat Story baru berupa foto maupun video. Untuk membuat story Instagram, berikut langkah-langkahnya:

  • Geser layar ke kanan atau tap icon Story yang ada di pojok kiri atas
  • Foto atau rekam objek yang akan kamu jadikan story
  • Kamu juga bisa menggunakan foto atau video yang ada di galeri

Langkah 3: Ketuk Stiker Musik untuk Mengaktifkan

Setelah kamu selesai membuat foto atau video yang akan dijadikan story, kini saatnya untuk menambahkan Instagram Music ke Story IG kamu.

Berikut langkah-langkah untuk menambahkan musik ke story Instagram:

Langkah #1: Usap layar ke atas atau tekan icon Sticker yang ada di menu bagian atas layar.

Langkah #2: Pada pilihan stiker yang muncul, silahkan pilih Music.

Langkah 4: Pilih Lagu Sesuai Kebutuhan

Selanjutnya, akan muncul sebuah menu berisi daftar lagu yang bisa kamu gunakan. Disini kamu hanya perlu memilih musik yang akan kamu tambahkan ke Story Instagram kamu.

Silahkan pilih salah satu musik yang paling sesuai dengan story yang akan kamu buat, kamu juga bisa mencari dengan memasukkan judul lagu pada kolom pencarian.

Langkah 5: Sesuaikan Lagu dan Edit Lirik (Opsional)

Setelah kamu memilih lagu apa yang akan kamu jadikan sebagai musik di Story, langkah berikutnya yaitu menyesuaikan pengaturan lagu tersebut.

  • Pertama, kamu bisa menyesuaikan bagian mana yang akan kamu pilih untuk dijadikan soundtrack musik di story kamu. Caranya yaitu dengan menggeser bilah bar pada posisi yang kamu inginkan.
  • Kedua, kamu dapat memilih beberapa tampilan lirik yang berbeda. Silahkan pilih salah satu tampilan lirik yang kamu inginkan. Kamu juga bisa memilih untuk menampilkan stiker berupa gambar album dari lagu tersebut.
  • Ketiga, kamu juga dapat mengganti warna tampilan lirik atau stiker tersebut dengan menekan ikon warna yang ada di bilah menu bagian atas.

Langkah 6: Lakukan Penyesuaian Tampilan Story

Setelah kamu selesai dengan urusan musik dan pengaturannya, Selanjutnya kamu bisa menyesuaikan tampilan story tersebut agar lebih menarik.

Kamu bisa menambahkan efek filter, stiker lain, tulisan, coretan, atau emoticon tertentu.

Langkah 7: Unggah Story ke InstaStory

Setelah story tersebut siap, kini saatnya untuk mengunggah story IG Music tersebut ke Instagram Story kamu. Caranya yaitu dengan menekan tombol Cerita Anda di pojok kiri bawah.


Bagaimana? Hanya dengan melakukan 7 langkah singkat di atas, kini kamu sudah bisa membuat IG Story Music yang menarik bukan? Nah, jika dirasa bermanfaat, kalian boleh membagikan pembahasan ini melalui media sosial kamu ya!

Yuk Diskusikan di Komentar