6 Cara Membuat Sorotan di IG [Bisa Tanpa Story Dulu]

Ketika kalian membuat instastory, biasanya story kalian bakal hilang setelah 24 jam. Jika kalian ingin membuat instastory yang tidak akan hilang maka kalian bisa membuatnya dalam bentuk sorotan.

Sorotan ini bisa dilihat oleh siapapun yang berkunjung ke profil instagram kalian. Fasilitas ini akan tetap ada selamanya dan kalian dapat memodifikasi sorotan menjadi lebih menarik.

Nah berikut ini kami berikan cara membuat sorotan/Highlight di Instagram serta membuatnya lebih menarik.


Syarat Membuat Sorotan Instagram

Sorotan ig sendiri adalah fitur di instagram dimana kalian bisa membuat story yang bisa bertahan lebih dari 24 jam atau tidak hilang selama kalian tidak menghapusnya. Ini sangat berguna bagi kalian yang memiliki akun IG untuk promosi atau marketing.

Sorotan yang berhasil kalian buat nantinya hanya akan muncul di profil atau timeline instagram kalian. Jadi, orang-orang hanya bisa melihat sorotan dengan cara mengunjungi profil IG kalian.

Adapun syarat bikin sorotan instagram sendiri yaitu:

  1. Story IG harus hilang/sudah mencapai 24 jam
  2. Highlight Instagram dibuat melalui Arsip Cerita
  3. Story IG yang kalian hapus, tidak akan masuk Arsip Cerita

Cara Membuat Sorotan Cerita Di IG

Pembuatan Highlight Instagram ini sebernanya langkah-langkahnya cukup sederhana saja, berikut langkah yang kami maksud:

#1. Buka Menu Profil IG

Adapun cara pertama yang perlu kalian lakukan yaitu membuka aplikasi instagram kalian. Setelah itu, buka bagian menu profil ig kalian. Jika story yang ingin kalian buat sorotan sudah pernah kalian bikin, maka kalian tidak perlu membuat story baru.

Tetapi jika story yang ingin kalian buat sorotan belum ada di menu arsip cerita maka kalian perlu membuat story terlebih dahulu seperti biasanya.

#2. Ketuk Ikon Plus (+)

Langkah yang kedua yaitu memulai membuat sorotan. Pada menu profil kalian, ketuk menu sorotan cerita yang berbentuk lingkaran dengan tanda plus (+).

#3. Ketuk Opsi Sorotan Cerita

Ketika kalian mengetuk ikon plus tadi maka akan muncul menu sorotan baru. Di halaman tersebut kalian sudah bisa mulai membuat sorotan sesuai dengan keinginan kalian.

#4. Cari Arsip Story

  • Temukan Cerita yang ingin kalian jadikan Highlight
  • Setelahnya pilih Cerita tersebut
  • Terakhir kalian perlu menekan tombol “Selanjutnya

#5. Berikan Nama Sorotan

Langkah selanjutnya yaitu beri nama sorotan sesuai dengan keinginan kalian. Agar lebih menarik, kalian bisa menggunakan nama yang unik atau dengan bahasa inggris.

#6. Sorotan Berhasil Dibuat

Setelah selesai memberi nama, maka sorotan sudah selesai dibuat. Kalian juga bisa mengganti sampul sorotan di menu Edit.

Baca Juga : Cara Mengatasi Flash Kamera Instagram Tidak Nyala

Cara Membuat Sorotan Di IG Lebih Dari Satu

Ketika sudah buat satu sorotan dan kalian pengen buat sorotan lain, gimana caranya? Tidak perlu bingung simak langkah-langkah membuatnya dari kami berikut ini:

  • Buka Profil IG yang berada di sudut kanan bawah sejajar dengan menu
  • Ketuk Ikon (+) Disamping Sorotan
  • Cari Arsip Story sesuai keperluaan
  • Memberi Nama Sorotan sesuai keinginan
  • Berhasil membuat Highlight lebih dari satu

Cara Membuat Sorotan Tanpa Story

Cara buat sorotan di atas secara otomatis akan memunculkan story di profil Instagram kalian. Lalu, gimana caranya membuat sorotan di IG tanpa membuat story? Dalam membuat sorotan, kalian tidak bisa jika tanpa membuat instastory terlebih dahulu.

Jadi, sebelum membuat sorotan kalian wajib membuat instastory lalu menunggunya hingga 24 jam. Setelah batas waktu Cerita Instagram itu habis, Cerita yang sebelumnya kalian bikin akan masuk ke dalam menu Arsip Cerita.

For Your Information: Jika ingin story kalian tidak masuk ke beranda followers kalian, maka kalian tinggal sembunyikan cerita atau mengatur Private Share Cerita.

Cara Membuat Sorotan Di IG Menarik

Highlight Instagram sendiri tidak hanya dapat membuat story lebih dari 24 jam namun juga sangat berguna bagi kalian yang menggunakan IG sebagai media promosi. Cara membuat sorotan di Instagram agar terlihat lebih menarik yaitu kalian bisa membuat Cover dengan menggunakan aplikasi seperti canva.

Selain canva, ada beberapa aplikasi lain yang bisa kalian gunakan untuk membuat Cover/Sampul sorotan yang menarik yaitu StoryLight, Highlight Cover Creators dan masih banyak lagi. Aplikasi tersebut menyediakan berbagai template yang bisa kalian edit menjadi Cover Highlight yang menarik.

Cara Mengganti Sampul Sorotan

Sesudah membuat sampul sorotan yang menarik dengan menggunakan template dari aplikasi atau tanpa aplikasi, kalian juga bisa mengganti sampul sorotannya. Caranya cukup mudah yaitu:

  1. Buka profil akun instagram kalian
  2. Kemudian tekan lama sorotan yang ingin kalian ubah sampulnya
  3. Lalu klik Edit Sorotan
  4. Dalam menu Edit sorotan maka kalian tinggal klik Edit Sampul
  5. Pilih gambar untuk sampul dari galeri kalian kemudian sesuaikan ukuran sampul
  6. Setelah itu klik selesai dan kalian sudah berhasil mengganti sampul sorotan cerita

Baca Juga : Cara Membuat Tulisan Berjalan di IG

Cara Menghapus Sorotan

Jika kalian bosan atau memiliki sorotan yang sudah tidak ingin kalian gunakan maka kalian bisa menghapus sorotan di profil IG kalian. Caranya sendiri cukup mudah yaitu:

  • Buka profil atau timeline akun ig kalian
  • Pilih Sorotan yang ingin kalian hapus
  • Kemudian tekan lama pada sorotan yang akan dihapus
  • Lalu akan muncul beberapa pilihan, klik Hapus Sorotan
  • Setelah itu, sorotan tersebut akan hilang

Yuk Diskusikan di Komentar