Cara Mendapatkan Preset Lightroom Gratis untuk Hp & PC

Membuat foto yang kece kaya selebgram sekarang gampang banget. Salah satu caranya kalian bisa gunakan aplikasi editing Adobe Lightroom. Tambah praktis lagi jika kalian tahu cara mendapatkan preset lightroom gratis.

Jadi, kalian tidak perlu setting warna, kontras, saturasi, eksposur, dan berbagai settingan lagi. Melalui file preset, kalian hanya perlu cocokan foto kalian dengan preset yang sudah ada sebelumnya. Selanjutnya, tinggal pamerin deh foto kerennya di medsos.

Kerennya, cara memperoleh preset lightroom hanya perlu langkah yang sederhana, berikut ini caranya:


Situs Download Preset Gratis

Biar tidak repot, biarkan kami bantu kalian dengan menyajikan daftar situs yang bisa kalian akses untuk mendapatkan preset gratisan. Yuk baca!

1. Freepresets.com

Kumpulan preset dari situs ini lumayan banyak. Kalian bisa memilih berbagai jenis tema dari bundle-bundle yang disediakan. Mulai dari vintage, pastel, sunrise, portrait, hingga instalook. Untuk mendapatkannya, tinggal akses saja situsnya berikut ini freepresets.com

Setelah itu, kalian tinggal pilih preset mana yang paling cocok. Banyak kok preset gratisannya, meski ada juga preset berbayar yang tentu saja kualitasnya beda.

2. Photonify

Dalam situs ini, kamu juga bisa memilih aneka macam presets oke. Khususnya bagi kalian pecinta sport and action photography. Ada banyak tema preset mulai dari beach, duotone, faded, color pop, hingga cinematic. Untuk bisa mencoba preset-preset keren dari situs ini, coba buka ini photonify.com.

Memang nggak semua bundle yang ada di situs ini gratisan. Pastinya kualitas yang gratis dan bayar jelas beda ya.

3. ON1

Penyedia preset gratis lainnya adalah ON1. Variasi bundle untuk editing fotonya juga lumayan banyak. Dari yang bertema urban hingga lifestyle ada disini. Baik dengan posisi potrait maupun landscapes. Kalau kalian mau coba, tinggal download saja dengan mengunjungi situs ini on1.com.

Menariknya, ON1 juga ada versi aplikasi mobilenya. Bisa kalian dapatkan melalui Apple Store dan Play Store. Jadi lebih praktis pastinya.

4. Filtergrade

Satu lagi aplikasi yang bisa kalian gunakan adalah Filtergrade. Kalian juga bisa dapatkan berbagai kumpulan preset dengan tema-tema cerah dan unik. Ada juga preset untuk kalian yang suka tema hitam putih. Jika mau coba, bisa kunjungi situsnya ini filtergrade.com/free-mobile-presets-roundup.

Situs yang kami sebutkan tadi dapat kalian akses melalui perangkat apapun. Mulai dari perangkat komputer/laptop, Android/iOS dan lain sebagainya.


Cara Memperoleh Preset Lightroom Secara Gratis Di Hp

Selain situs, ada juga preset yang sudah siap pakai. Preset ini dapat ditemukan pada aplikasi Android. Presetnya pun dikemas dalam bentuk aplikasi dan dapat di download secara gratis oleh kalian.

Meskipun preset yang ditawarkan gratis, di dalam aplikasinya terdapat banyak iklan. Sesekali setelah kalian berhasil mendownload preset lightroomnya, tampilan layar kalian akan dipenuhi dengan iklan.

Namun hal tersebut tidak menjadi masalah bagi kalian, karena kalian menginginkan preset gratis bukan premium, berikut cara mendapatkannya:

Langkah 1: Download Aplikasi Preseters

Tahap pertama kalian hanya perlu mendownload aplikasi bernama Preseters. Aplikasi ini bisa kalian dapatkan melalui Playstore dengan mengetikkan nama aplikasinya.

Langkah 2: Buka Aplikasi Preseters

Setelah proses downloadnya selesai, saatnya jalankan aplikasi Preseters. Di dalam aplikasi Preseters akan ada ribuan preset gratis siap Unduh.

Langkah 3: Cari Preset Lightroom Di Tab Free

Untuk mencari presetnya, tidak perlu kemana-mana. Cukup mencari dihalaman depan saja kalian sudah bisa menemukan preset yang kalian cari.

Langkah 4: Download Preset

Mendownload preset pada aplikasi Preseters ini, kalian bisa ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih salah satu presetnya lalu tekan gambar yang tampil pada preset tersebut
  2. Ketuk opsi bertuliskan “Open”
  3. Kemudian pilih opsi “Yes, Get Preset”
  4. Tunggu proses downloadnya selesai
  5. Setelahnya pilih opsi “Tambahkan ke LR”
  6. Tunggu proses Import Preset ke Lr-nya selesai

Cara Menggunakan Presets Gratis di Lightroom

Setelah tau cara mendapatkan preset LR dan mengunduhnya ke perangkat, kalian juga perlu tahu cara menggunakannya. Percuma kalau di download doang tapi nggak dipakai. Iya kan? Nah, berikut cara yang bisa kalian ikuti:

  • Pertama, ekstrak file preset. Jadi, file yang sudah kalian download itu umumnya nanti bentuk filenya ZIP (jika download presetnya dari situs)
  • Kedua, buka aplikasi adobe lightroom. Masuk ke menu New Item dan pilih opsi membuat Album Baru. Kalian bisa kasih nama albumnya sesuka hati
  • Ketiga, kalian bisa klik ikon Picture untuk mulai mengunggah file-file yang sudah kalian download dan ekstrak sebelumnya. Kalian tinggal klik tambah atau add aja.
  • Keempat, kalian bisa mulai mengaplikasikan presetnya di lightroom. Bisa dimulai dengan memilih salah satu preset yang sudah kalian tambahkan
  • Pada foto preset tersebut, kalian bisa pilih ikon titik tiga di ujung kanan layar. Kemudian bisa pilih opsi Copy Setting
  • Setelahnya jangan lupa untuk menceklis bagian mana yang ingin disalin pengaturannya, jika sudah klik tombol Centang
  • Selanjutnya, kalian bisa masukan foto yang mau diedit dengan settingan preset tersebut
  • Terakhir, kalian bisa memilih ikon titik tiga lagi dan memilih opsi Paste
  • Secara otomatis, foto kalian akan menyesuaikan dengan settingan preset

Dengan segala kemudahan teknologi, semua jadi gampang kan? Sama seperti cara mendapatkan preset Lightroom gratis ini bisa kalian bagikan ke yang lain. Seneng kan kalau liat foto-foto kalian sekaligus orang terdekat enak dilihat?

Preset Lightroom Gratis vs Berbayar

Preset Lightroom ada beragam jenisnya, mulai dari gratisan hingga berbayar. Keduanya memiliki perbedaan yang tidak terlalu signifikan, lantas apa saja perbedaan itu?

Preset GratisPreset Berbayar
Tidak mendapat support dari pembuat presetMendapat support langsung dari pembuat preset
Jarang sekali pembuat preset Lightroom Android membuat preset gratis sehingga mendapatkannya sangat sulitMudah didapat, karena pembuat preset Lr Android menginginkan hasil karyanya dihargai dengan membeli preset premium
Preset gratisan dibagikan dengan cara yang ribet, karena dikasih password dan passwordnya harus didapatkan dengan cara yang tidak mudahPreset premium dibagikan dengan cara tanpa ribet dan memudahkan pengguna untuk mendownload
Tidak memerlukan akses kartu kreditMemerlukan akses kartu kredit untuk membeli presetnya

Yuk Diskusikan di Komentar