Cara Menggunakan Signal

Cara menggunakan Signal sebenarnya hampir sama dengan aplikasi instant messenger yang paling populer saat ini. Hanya saja, aplikasi yang dikembangkan oleh Signal Foundation ini memiliki fitur keamanan yang disebut-sebut hampir setara dengan tingkat keamanan militer.

Sebagai salah satu aplikasi berkirim pesan daring, kini Signal menjadi salah satu aplikasi yang paling direkomendasikan dari segi keamanannya. Lebih lanjut mengenai aplikasi Signal, berikut ini merupakan pembahasan lengkap mengenai cara menggunakan signal dan fitur apa saja yang ada di dalamnya.


Apa Itu Signal Messenger?

Apa Itu Signal

Signal adalah salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk berkirim pesan baik dari smartphone ataupun dengan desktop. Meskipun sebelumnya sudah banyak tersedia aplikasi instant messenger yang bisa didapatkan dengan gratis, namun Signal menawarkan keunikan yang bisa menjadi ‘nilai jual’ tersendiri.

Fitur keamanan yang tinggi menjadi salah satu poin penting yang menjadi salah satu keunggulan aplikasi Signal. Bahkan, Elon Musk yang merupakan CEO dari Tesla turut merekomendasikan aplikasi ini sebagai salah satu aplikasi instant messenger teraman.


Kelebihan Signal Private Messenger

Kelebihan Signal

Aplikasi Signal memiliki banyak kelebihan yang bisa menjadi pertimbangan bagi kalian yang membutuhkan aplikasi berkirim pesan yang aman dan nyaman untuk digunakan. Berikut ini adalah kelebihan Signal yang wajib kalian ketahui:

1. Menawarkan Tingkat Keamanan yang Tinggi

Keamanan tingkat tinggi merupakan salah satu keunggulan yang paling dibanggakan dari aplikasi Signal. Bahkan Elon Musk yang juga merupakan CEO dari perusahaan mobil Tesla turut mengamini hal tersebut.

Tingkat keamanan yang ditawarkan para pengguna baik dari segi keamanan data pribadi maupun keamanan percakapan bahkan disetarakan dengan keamanan level militer. Hal ini membuktikan bahwa Signal tidak main-main dalam hal keamanan data penggunanya.

2. Enkripsi Penuh Untuk Percakapan dan Video Call

Bagi para pengguna yang menggunakan fitur panggilan suara dan panggilan video pada aplikasi Signal, seluruh panggilan tersebut akan dienkripsi secara penuh. Enkripsi penuh memungkinkan para pengguna untuk mendapatkan keamanan yang lebih ketika bertelepon.

Poin ini juga memperkuat klaim Signal bahwa mereka telah menyediakan aplikasi chat paling aman anti sadap untuk semua pengguna. Enkripsi secara penuh/total ini dapat menghindarkan para pengguna dari kemungkinan penyadapan oleh pihak lain.

3. Open Enkripsi Untuk Seluruh Pengguna

Kebijakan open enkripsi untuk pengguna juga menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Signal. Open enkripsi merupakan sebuah fitur dimana para pengguna bisa melihat secara langsung mengenai kebijakan seperti apa yang diterapkan oleh Signal.

Pada aplikasi lain, kebijakan seperti ini terkadang masih belum diterapkan. Hal ini membuat pihak yang tidak bertanggung jawab masih bisa menyadap isi pesan atau bahkan isi panggilan dari para pengguna instant messenger.

4. Editor Foto di Dalam Aplikasi Signal

Berbeda dengan aplikasi instant messenger lain yang masih membutuhkan aplikasi tambahan untuk mengedit foto, Signal justru telah memberikan fitur pengeditan untuk mempermudah para pengguna yang ingin mengedit foto.

Sebelum mengunggah atau sekedar mengirimkan foto kepada pengguna lain, kalian bisa mengeditnya terlebih dahulu. Fitur edit yang tersedia adalah fitur crop atau memotong foto, dan penambahan efek blur untuk setiap gambar yang akan dikirimkan.

5. Hemat Data

Aplikasi Signal sudah menggunakan sistem yang canggih. Hal ini dibuktikan dengan kemampuannya untuk menghemat data yang digunakan pada smartphone kalian. Meskipun kalian terus berkirim pesan atau bertelepon, konsumsi paket data tetap hemat.

Hal ini juga berlaku untuk panggilan video yang bisa kalian lakukan dengan pengguna lain. Sistem yang disediakan oleh Signal sudah mendukung fitur penghemat data sehingga kalian tidak perlu khawatir bahwa paket data akan cepat habis.

6. Dapat Mengunci Layar

Pesan merupakan sebuah hal yang harus selalu terjaga kerahasiaannya. Hal ini sangat disadari oleh pihak penyedia aplikasi Signal. Fitur untuk mengunci layar dan aplikasi Signal telah tersedia sehingga orang lain tidak bisa membuka isi dari aplikasi ini tanpa seizin pemiliknya.

Fitur ini juga memudahkan kalian yang membutuhkan tingkat privasi yang tinggi ketika berkirim pesan. Tersedia enkripsi khusus yang hanya bisa diketahui oleh kalian dan lawan bicara kalian sehingga tidak akan ada kemungkinan penyadapan yang terjadi.

7. Tidak Bisa Melakukan Screenshot di Dalam Aplikasi

Agar proses menjaga privasi bisa berlangsung lebih sempurna, Signal juga menyediakan fitur block screenshot. Fitur ini bertujuan agar percakapan yang kalian buat tidak bisa ditangkap dalam bentuk tangkapan layar oleh orang lain.

Fitur ini diakui sangat membantu terutama bagi kalian yang selalu mengedepankan privasi dan data pribadi selama berkirim pesan.

Kelebihan tersebut membuat Signal kini kian dipercaya oleh para pengguna. Hal ini dibuktikan dari popularitas dan jumlah pertambahan pengguna yang diklaim mencapai ratusan ribu bahkan jutaan pengguna setiap harinya.


Kekurangan Signal Private Messenger

Kekurangan Signal

Meskipun sudah memiliki banyak keunggulan, namun aplikasi Signal masih memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini merupakan kekurangan Signal yang bisa menjadi bahan pertimbangan bagi kalian:

1. Pengguna Belum Sebanyak Aplikasi Lain

Salah satu kekurangan Signal yang masih terasa hingga saat ini adalah jumlah penggunanya yang belum sebanyak aplikasi lain. Namun, jumlah tersebut masih terus mengalami pertambahan setiap harinya.

2. Masih Dalam Proses Pengembangan

Poin lain yang masih sering dianggap sebagai kekurangan aplikasi Signal adalah proses pengembangan yang sedang berlangsung. Terkadang aplikasi masih mengalami error dan terjadi gangguan sistem. Namun, hal tersebut tidak mengganggu kinerja dan performa Signal secara signifikan.


Cara Mendaftar Signal

Bagi kalian yang ingin menggunakan aplikasi Signal, caranya cukup mudah. Berikut ini adalah cara membuat akun Signal baru yang bisa dilakukan dalam waktu kurang dari 5 menit:

  • Unduh Aplikasi Signal di Playstore atau AppStore
  • Berikan Izin Privasi yang diminta oleh aplikasi Signal
  • Masukkan Nomor HP yang akan didaftarkanMasukkan Nomor Hp Signal
  • Isikan kode Verifikasi yang dikirim melalui SMS (Biasanya kode akan terisi Otomatis)
  • Lengkapi Profil SignalLengkapi Profil Signal
  • Buat PIN untuk melindungi aplikasinyaBuat Pin Signal
  • Akun Signal Private Messenger sudah siap digunakan

Cara Menggunakan Signal Private Messenger

Langkah-langkah penggunaan Signal tergolong sederhana dan hemat paket data. Berikut ini merupakan cara menggunakan Signal private messenger dan fitur apa saja yang bisa kalian gunakan:

1. Privasi Papan Ketik

Keyboard Terprivasi

Sebagai salah satu aplikasi pesan singkat dengan tingkat keamanan tertinggi, Signal menyediakan privasi papan ketik yang memungkinkan kalian untuk melakukan pengaturan khusus pada keyboard yang digunakan pada aplikasi Signal.

Fitur ini dapat menghindarkan kalian dari kesalahan ketik atau pengiriman berulang yang bisa terjadi pada satu percakapan. Tentu saja bagian ini menjadi salah satu upaya dari Signal untuk menjaga privasi dan keamanan para penggunanya.

2. Buramkan Wajah

Kaburkan Wajah

Fitur blur atau fitur edit untuk memburamkan wajah juga tersedia pada aplikasi Signal. Jadi sebelum kalian mengirimkan sebuah foto, kalian bisa menyamarkan wajah sehingga tidak melanggar privasi orang yang berada pada foto tersebut.

3. Tentukan Waktu Pesan Menghilang

Atur Pesan Menghilang

Bila kalian ingin agar pesan yang dikirimkan bisa hilang pada waktu atau jam tertentu, Anda bisa menggunakan fitur ini pada aplikasi Signal. Tersedia menu pengaturan untuk menghapus pesan pada jam tertentu dan kalian juga bisa mengatur jam yang berbeda pada setiap pesan yang ingin dihapus.

4. Note to Self

Catatan Pribadi Signal

Sebagai salah satu fitur tambahan yang unik, Signal juga memiliki fitur note to self untuk menambahkan catatan-catatan khusus pada pesan yang telah kalian buat atau terima. Catatan tersebut nantinya hanya bisa kalian lihat sebagai bentuk tulisan pribadi.

Fitur ini memudahkan Anda yang membutuhkan fitur khusus untuk mengatur pekerjaan atau sekedar menambahkan catatan agar kalian tidak lupa terhadap poin tertentu.

5. Mengatur PIN

Fitur keamanan tambahan juga tersedia pada aplikasi Signal. Selain fitur kunci aplikasi, Signal juga menyediakan tambahan pengamanan berupa PIN. 4-digits PIN bisa digunakan sebagai salah satu cara melakukan two-factors authentication yang bisa mengamankan akun dari pembajakan.

Pembajakan akun menjadi salah satu permasalahan yang banyak terjadi di aplikasi instant messenger. Hal ini yang membuat Signal terus melakukan inovasi untuk mengamankan akun para penggunanya.

6. Mode Gelap

Agar pengguna lebih nyaman ketika menggunakan aplikasi Signal, kalian bisa mengaturnya ke mode gelap dan merasakan pengalaman berkirim pesan yang lebih nyaman. Fitur ini bisa diatur berdasarkan default system pada smartphone kalian.

7. Mengirim Gambar Sekali Dilihat

Fitur pengiriman gambar juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan para pengguna. Signal menyediakan fitur gambar sekali lihat yang memungkinkan gambar untuk hilang secara otomatis setelah sekali dilihat oleh lawan bicara kalian.

8. Mode Panggilan Relay

Mode Panggilan Relay

Mode panggilan yang ditawarkan oleh Signal juga merupakan fitur panggilan aman. Penyadapan atau pelanggaran privasi terkait isi panggilan kalian bisa dihindari dengan menggunakan aplikasi ini.

9. Aktifkan Screen Lock

Screen Lock Signal

Screen lock pada aplikasi Signal bisa digunakan terpisah dengan penguncian pada screen lock smartphone kalian. Fitur ini memudahkan kalian untuk mengunci pesan pada aplikasi Signal tanpa harus mengunci seluruh smartphone kalian.

Seiring dengan berjalannya waktu, Signal masih terus mengembangkan diri dengan berbagai fitur menarik lainnya. Keamanan yang terjamin masih menjadi daya tarik utama bagi para pengguna Signal. Pelajari cara menggunakan Signal agar pengalaman bertukar pesan menjadi semakin menyenangkan.

Yuk Diskusikan di Komentar