Rekomendasi 10 Emulator PS2 Android Terbaik & Ringan

Saat ini, ada banyak emulator-emulator game yang tersebar di Internet dan dapat dimainkan di Android. Salah satu emulator yang paling banyak dicari adalah emulator PS2 (Playstation 2).

Di masa lampau, PS2 memang menjadi primadona di kalangan gamers. Dengan sentuhan grafis dan gameplay yang memukau, PS2 tercatat jadi konsol terlaris sepanjang masa. Kini, kamu dapat memainkan gamenya di Android. 

Kelebihan utama bermain game PS2 di Android terletak pada kepraktisannya (handled). Kamu juga tidak perlu menyiapkan perangkat tambahan seperti stik PS karena bisa dimainkan di dalam layar dengan tombol virtual. 

Selanjutnya, meski tampilan layarnya lebih kecil, kamu masih bisa menikmati euforia kejayaan game-game PS2 di masa silam seperti, GTA San Andreas, Tekken, dan lain sebagainya. 

Bagi kamu yang masih bingung mencari emulator PS2 terbaik, jangan khawatir, karena kami akan membagikan daftar Emulator PS2 terbaik yang bisa langsung di-download melalui situs resmi atau di kanal Playstore. Berikut daftarnya:

Rekomendasi Emulator PS2 Terbaik untuk Android

Berikut ini daftar 10 emulator PS2 Android paling ringan, terbaik dan tanpa lag:

1. PPSSPP Gold Emulator

PPSSPP Gold adalah salah satu emulator PS2 berbayar yang cukup populer. Di lini Playstore, emulator ini telah diunduh lebih dari 100 ribu kali dan mendapatkan rating sebesar 4.7.

PPSSPP Gold menawarkan grafis yang mumpuni, antar muka yang mudah dipahami, serta hanya dibanderol Rp 19 ribu saja.

Sama seperti versi gratisannya, PPSSPP Gold Emulator mendukung ekstensi ISO dan CSO. Kamu bisa membeli gamenya di Google Play Store atau melalui situs download game PPSSPP.

NamaPPSSPP Gold – PSP emulator
Ukuran14 MB
Spek MinimumAndroid 2.3 dan lebih tinggi
DeveloperHenrik Rydgård
Link Downloadbit.ly/PPSSPPGoldEmulator

2. DamonPS2

Melalui Golden PS2 pengalaman bermain PS2 di perangkat Android jadi menyenangkan. Pasalnya, emulator ini dapat menjalan game di resolusi hingga 1080 HD dengan rasio 16:9 yang disesuaikan dengan rasio asli PS2.

Tentunya dengan performa yang oke tersebut, kenyamanan bermain game disesuaikan dengan spesifikasi Android yang kamu miliki karena akan berpengaruh pada FPS (frame rate per second).

Satu kekurangan pada Golden PS2 yaitu layar akan menjadi hitam sesaat sebelum game benar-benar dijalankan. Download Golden PS2 pada tautan berikut:

NamaDamonPS2 64bit – PS2 Emulator – PPSSPP PSP PS2 Emu
Ukuran25 MB
Spek MinimumAndroid 5.1 dan lebih tinggi
DeveloperDamonPS2 Emulator Studio
Link Downloadbit.ly/DamonPS2Emu

3. Golden PS2

Melalui Golden PS2 pengalaman bermain PS2 di perangkat Android jadi menyenangkan. Pasalnya, emulator ini dapat menjalan game di resolusi hingga 1080 HD dengan rasio 16:9 yang disesuaikan dengan rasio asli PS2.

Tentunya dengan performa yang oke tersebut, kenyamanan bermain game disesuaikan dengan spesifikasi Android yang kamu miliki karena akan berpengaruh pada FPS (frame rate per second).

Satu kekurangan pada Golden PS2 yaitu layar akan menjadi hitam sesaat sebelum game benar-benar dijalankan. Download Golden PS2 pada tautan berikut:

NamaGolden PS2 Emulator For Android (PRO PS2 Emulator)
Ukuran7 MB
Spek MinimumAndroid 4.4 dan lebih tinggi
DeveloperOusmane Condé
Link Downloadbit.ly/Golden-PS2

4. Pro PPSS2 Golden Emulator

Pro PPSS2 Golden Emulator diklaim mampu memainkan hingga 90% judul game yang ada di PS2. Pro PPS2 Golden memungkinkan setiap gamers mengubah tema sesuai selera.

Emulator ini memiliki visual kontrol yang baik, serta dapat dimainkan tanpa perlu menginstall BIOS. Download Pro PPPS2 Golden Emulator di pada link berikut.

NamaEmulator Gold PS2 (PRO PPSS2 Golden)
Ukuran8 MB
Spek MinimumAndroid 4.4 dan lebih tinggi
DeveloperLoc Bolit
Link Downloadbit.ly/ProPPSS2Golden

5. PTWOE

Rekomendasi emulator PS2 terbaik untuk Android selanjutnya adalah PTWOE. PTWOE memiliki ukuran yang tidak kurang dari 45 MB. 

TeamEMU sebagai developer sengaja merancang PTWOE dengan tampilan minimal agar emulator mampu menghasilkan kualitas grafis yang cukup tinggi serta memudahkan gamers mengeksplorasi emulator.

Download PTWOE pada link berikut:

NamaPTWOE Playstation 2 Emulator
Ukuran45 MB
Spek MinimumAndroid 2.3.2 dan lebih tinggi
DeveloperPham ThiCham
Link Downloadbit.ly/PTWOE

6. FPse

FPSE mungkin bukan nama populer yang ada di daftar ini, tapi dengan ukurannya yang cukup kecil, FPSE bisa menjadi alternatif emulator PS2 di Android pilihan kamu.

FPSE menjanjikan kualitas suara yang mumpuni dan program antarmuka yang mudah dimengerti. Kamu bisa meminang emulator ini dengan harga Rp 47.000 dari Google Playstore.

NamaFPse for Android devices
UkuranBervariasi
Spek MinimumBervariasi
DeveloperSchtruck & LDchen
Link Downloadbit.ly/FPse-Emulator

7. PLAY!

Play! merupakan emulator yang dapat berjalan di berbagai OS dan perangkat. Tak hanya itu, emulator ini dapat membaca hampir semua game-game PS2 berformat ISO.

Selain gratis, emulator ini juga sudah menyediakan BIOS saat mendownloadnya dari Google Playstore. Ukuran emulator hanya 8 MB dan telah mendapat atensi lebih dari 500 ribu gamers.

NamaPlay!
Ukuran8 MB
Spek Minimum4.4 dan lebih tinggi
DeveloperVirtual Applications
Link Downloadbit.ly/Play-EmulatorPS2

8. PPSSPP

PPSSPP adalah salah satu emulator PS2 yang cukup populer dan telah diunduh lebih dari 30 juta kali. Emulator yang diproduksi pada tahun 2012 ini memiliki ukuran yang cukup kecil, yaitu 28 MB saja.

Melalui emulator PPSSPP, setiap gamers dapat memilih tingkatan grafis yang bisa disesuaikan dengan spek Android yang dimiliki. Selain itu proses konfigurasi pada PPSSPP Gold praktis dan tidak ribet.

PPSSPP mendukung ekstensi ISO dan CSO. Bahkan ada pula file game PPSSPP ukuran kecil yang mampu dimainkan pada perangkat spek rendah. Jika tertarik, kamu bisa download pada tautan berikut:

NamaPPSSPP – PSP emulator
Ukuran14 MB
Spek Minimum2.3 dan lebih tinggi
DeveloperHenrik Rydgård
Link Downloadbit.ly/PPSSPP-EmulatorPS2

9. DamonPS2 Pro

Damon PS2 Pro dapat kamu unduh pada layanan Google Playstore. Sejauh ini Damon PS2 Pro telah mendapat atensi lebih dari 5 juta gamers di seluruh dunia.

Emulator ini mampu menjalankan setidaknya 20% game-game PS2. Satu hal yang membuat game ini mendapat rating 3 di Playstore karena memiliki bug di grafis, serta tidak mendukung resolusi 1080 HD.

Jika masih tertarik dengan emulator ini, kamu bisa langsung mendownloadnya di sini:

NamaDamonPS2 Pro 64bit – PS2 Emulator – PSP PPSSPP Emu
Ukuran25 MB
Spek Minimum5.1 dan lebih tinggi
Developer DamonPS2 Emulator Studio
Link Downloadbit.ly/DamonPS2Pro-Emu

10. ePSXe for Android

ePSXe merupakan salah satu emulator PS2 terbaik untuk Android. epSXE tersedia dalam dua versi, premium (Rp 49 ribu) dan gratis.

Dalam mode premium, epSXE mengklaim dapat menjalankan game dengan kompatibilitas hingga 99%. Tak hanya itu, kecepatan, suara dan antarmuka juga cukup memukau.

Sedangkan versi gratisan, kita bisa memainkan berbagai game PS2 dengan beberapa batasan. Pada versi gratis ini bukan aplikasi emulator PS2 yang didapat, melainkan plugin untuk mendukung kinerja emulator premium.

Apabila tertarik mencobanya, berikut link download ePSXE di Google Playstore.

NamaePSXe for Android
Ukuran11 MB
Spek Minimum2.3 dan lebih tinggi
Developerepsxe software s.l
Link Downloadbit.ly/ePSXe-EmuPS2

Sesudah melihat-lihat kesepuluh rekomendasi emulator PS2 di atas, manakah yang hendak kamu gunakan? Yuk ceritakan pengalaman kamu melalui kolom komentar!

Yuk Diskusikan di Komentar