12+ Game PPSSPP RPG Terbaik Sepanjang Masa

PPSSPP dikenal sebagai emulator PS2 Android & PC yang dapat memainkan berbagai game populer PSP dan PS2. Salah satu genre game favorit PPSSPP yang sering dimainkan adalah Role Playing Game (RPG).

Sesuai dengan namanya, RPG memungkinkan pemain memerankan karakter tertentu dan menyelesaikan setiap misi dengan plot cerita masing – masing. Setiap misi harus diselesaikan agar terus naik level sampai permainan selesai.

Beberapa game RPG PPSSPP yang cukup populer yaitu Shin Megami Tensei dan Final Fantasy. Tak perlu berlama – lama dan banyak spoiler, berikut daftar game PPSSPP RPG terbaik & populer yang bisa kamu download menggunakan direct link

Game PPSSPP RPG Terbaik & Paling Populer

Berikut kumpulan rekomendasi game PPSSPP RPG terbaik untuk HP dan PC:

1. Shin Megami Tensei: Persona 3 Portable

Shin Megami Tensei: Persona 3 merupakan game RPG lawas yang bisa dimainkan di konsol PS2 dan PSP. Di game ini pemain akan mengambil peran protagonis dan bisa memilih jenis kelamin.

Mulanya, pemain akan memasuki dunia tersembunyi bernama “Dark Hour”. Misi di dunia ini secara bergilir melawan shadow yang berkeliaran di dekat menara Tartarus. Untuk mengalahkan para musuh, pemain dibekali kekuatan persona. 

Ada beberapa plot cerita menarik dalam setiap misi di game ini. Ada pula tambahan karakter pendamping yang digerakkan oleh komputer. Bagi kamu yang tertarik memainkannya, download linknya di sini:

Nama GameShin Megami Tensei: Persona 3 Portable
WilayahAmerika Serikat
Rilis06 Juli 2010
PenerbitAtlus
Ukuran 800 MB
FormatISO
Link Downloadbit.ly/ShinMegamiTenseiPSP

2. The Legend of Heroes: Trails in the Sky

Trails in the Sky merupakan game anime besutan Falcom yang memiliki alur dan plot cerita yang menarik.  Jalan cerita original, dan gameplay adiktif membuat game ini nangkring di daftar PPSSPP RPG terbaik. 

Dalam game RPG ini player akan memerankan karakter kakak adik yang bertugas untuk menjaga dan melindungi masyarakat. Lambat laun, mereka akan menghadapi konspirasi serta membasmi musuh – musuh yang ada.
Jika penasaran, kamu dapat mendownloadnya pada tautan berikut:

Nama GameLegend Of Heroes, The – Trails In The Sky
WilayahAmerika Serikat
Rilis29 Maret 2011
PenerbitXSEED Games
Ukuran1 GB
FormatISO
Link Downloadbit.ly/TheLegendHeroesPSP

3. Crisis Core: Final Fantasy VII

Crisis Core: Final Fantasy VII merupakan game RPG yang memiliki grafis cukup memukau. Dalam game ini, pemain akan memerankan sosok Zack, seorang prajurit yang mempunyai ambisi menjadi prajurit nomor satu di Class Shinra.

Dalam misinya, Zack harus mengalahkan prajurit yang mengkhianati klan, Genesis Rhapsodos serta beberapa prajurit dari proyek Jenova. Download gamenya melalui link berikut:

Nama GameCrisis Core – Final Fantasy VII
WilayahJepang
Rilis13 September 2007
PengembangSquare Enix
Ukuran1 GB
FormatISO
Link Downloadbit.ly/CrisisCoreFinaFantasy7

4. Tactics Ogre: Let Us Cling Together

Game RPG ini mulanya pernah dirilis di konsol Super Nintendo kemudian dirilis juga untuk PSP. Game ini bercerita tentang Denam Pavel, sang tokoh protagonis yang meneruskan kiprah sang ayah dalam melawan pasukan Losorien.

Dalam misinya, pemain akan mengontrol Pavel serta ditemani oleh saudaranya Catiua Pavel serta temannya Vyce Bozeck. Perjalanan dimulai dari klan Wallister, kemudian klan berikutnya dengan misi kedamaian untuk negaranya.

Ada setidaknya tiga fase dalam menamatkan misi di dalam game ini; Lawful, Neutral, dan Chaotic. Sehingga untuk menyelesaikannya perlu waktu yang cukup banyak.

Download game RPG terbaik ini di link berikut:

Nama GameTactics Ogre – Let Us Cling Together
WilayahAmerika Serikat
Rilis15 Februari 2011
PenerbitSquare Enix
Ukuran1 GB
FormatISO
Link Downloadbit.ly/TacticsOgrePPSSPP

5. Final Fantasy Tactics: The War of the Lions

Satu lagi game berjudul franchise Final Fantasy. Di game ini pemain akan mengendalikan tokoh utama, seorang tentara bayaran bernama Ramza.

Dalam hal ini, Ramza terlibat perang di Ivalice dan harus mengalahkan iblis jahat kuno yang mulai menguasai dunia. Setiap pemain harus menyusun strategi dalam mengalahkan musuh, sebab, jika kalah game akan dimulai dari awal lagi.

Apabila hendak mendownload gamenya, berikut kami sertakan linknya:

Note: Game PSP ini merupakan salah satu game PPSSPP ukuran kecil lho, yuk buruan download dan mainkan.

Nama GameFinal Fantasy Tactics – The War Of The Lions
WilayahAmerika Serikat
Rilis09 Oktober 2007
PenerbitSquare Enix
Ukuran200 MB
FormatISO
Link Downloadbit.ly/FinalFantasyTacticsPSP

6. Ys: The Oath in Felghana

Ys: The Oath in Felghana merupakan sekuel dari Ys III. Setelah tiga tahun pertempuran pada di game RPG Ys III, Adol Christin dan temannya Dogi mendapati kejadian jahat yang menginvasi Felghana.

Buat menyelesaikan misinya, mereka harus bertarung dan mengusir musuh-musuh tersebut dari Felghana. Jika tertarik, yuk download gamenya melalui situs download game PPSSPP atau lewat link berikut:

Nama GameYs – The Oath In Felghana
WilayahAmerika Serikat
Rilis02 November 2010
PenerbitXSEED Games
Ukuran700 MB
FormatISO
Link Downloadbit.ly/GameRPGpspYS

7. Riviera: The Promised Land

Riviera: The Promised Land merupakan game PPSSPP RPG terbaik selanjutnya. Game ini pertama kali dirilis pada 2002 untuk Nintendo oleh Sting Entertainment, kemudian pada tahun 2006 dapat dimainkan di PSP.

Pemain mengadopsi peran Ein, Malaikat Jahat, yang harus berperang melawan iblis serta Malaikat Grim antagonis untuk menyegel empat mata air kejahatan yang dikenal Terkutuk. Dia ditemani oleh empat pahlawan-Fia, Lina, Serene dan Cierra.

Selain melawan musuh, game ini juga menyajikan dialog – dialog kecil antar pemain atau dengan musuh. Hal ini pun menambah keseruan dengan plot cerita menarik.

Penasaran memainkan game RPG PPSSPP terbaik ini? Berikut link downloadnya:

Nama GameRiviera: The Promised Land
WilayahAmerika Serikat
Rilis11 Juli 2007
PenerbitAtlus
Ukuran400 MB
FormatISO
Link Downloadbit.ly/RivieraPSPSSPP

8. Kingdom Hearts: Birth by Sleep

Kingdon Hearts: Birth by Sleep menghadirkan cerita yang simpel dan mudah dimengerti. Secara keseluruhan game ini berlatar belakang di Land of Departure.

Ada tiga karakter yang dapat dikendalikan oleh pemain, yaitu Terra, Ventus dan Aqua. Misinya adalah mencari Master Xehanort yang diduga diculik oleh mahluk yang bernama Unversed.

Yang menjadi menarik adalah, game ini telah disematkan berbagai karakter dari Disney. Yuk download gamenya di sini:

Nama GameKingdom Hearts: Birth by Sleep
WilayahAmerika Serikat
Rilis10 September 2010
PenerbitSquare Enix
Ukuran1 GB+
FormatISO
Link Downloads.id/KingdomHearts

9. Ys SEVEN

Game PPSSPP bergenre RPG ini merupakan franchise dari game YS yang dirilis oleh Falcom. Dinahkodai oleh Adol Christin, dan temannya Dogi, kali ini mereka mendapati kejahatan besar yang sedang terjadi di negara Altago.

Secara umum, kontrol kekuatan di game ini sama dengan seri YS lainnya. Jika tertarik, link download gamenya di sini:

Nama GameYs SEVEN
WilayahAmerika Serikat
Rilis17 Agustus 2010
PenerbitXSEED Games
Ukuran300 MB
FormatISO
Link Downloads.id/YsSEVEN

Note: Apabila kamu bingung bagaimana cara mendownloadnya, tenang! Kami sudah sajikan cara download game PPSSPP kok.

10. Valkyrie Profile: Lenneth

Selanjutnya ada game Valkyrie Profile: Lenneth yang berfokus pada kebangkitan kembali Lenneth Valkyrie dan diberi tugas untuk merekrut dan melatih prajurit yang gugur untuk Aesir dalam perang melawan Vanir.

Sepanjang jalan, Lenneth bertemu berbagai karakter dan mencoba mengulanginya dari tugas Valkyrie. Game terbaik ini dapat dimainkan di PPSSPP dan didownload pada link berikut:

Nama GameValkyrie Profile: Lenneth
WilayahAmerika Serikat
Rilis18 Juli 2006
PenerbitSquare Enix
Ukuran400 MB
FormatISO
Link Downloads.id/ValkyrieProfile

11. Disgaea 2: Dark Hero Days

Game RPG terbaik di PPSSPP selanjutnya yaitu Disgaea 2: Dark Hero Days. Gameplaynya ini cukup unik karena pemain dapat menciptakan kerusakan yang besar sesuka hati. Pemain akan memerankan Adell di kampung halamannya di Holt.

Di wilayah ini, setiap game harus menaikkan level, menambah senjata, menambah kekuatan. Barulah, ketika level sudah mencapai yang tertinggi kerusakan bisa dilakukan. Yuk coba mainkan gamenya dengan mendownloadnya dulu di sini:

Nama GameDisgaea 2: Dark Hero Days
WilayahAmerika Serikat
Rilis8 September 2009
PenerbitNIS America
Ukuran400 MB
FormatISO
Link Downloads.id/Disgaea2

12. Z.H.P.: Unlosing Ranger vs Darkdeath Evilman

Rekomendasi game PSP paling populer berikutnya adalah Z.H.P. Game ini menghadirkan karakter utama yang pendiam.

Tokoh utamanya terkenal menjadi pahlawan bernama Absolute Victory setelah Absolute Victory yang sebelumnya terbunuh.

Absolute Victory baru harus berlatih menjadi cukup kuat untuk mengalahkan jenderal iblis jahat yang bernama Darkdeath Evilman dan harus menyelamatkan dunia. Download game terbaik ini di sini:

Nama GameZ.H.P.: Unlosing Ranger vs Darkdeath Evilman
WilayahAmerika Serikat
Rilis25 Oktober 2010
PenerbitNIS America
Ukuran300 MB
FormatISO
Link Downloads.id/GameRpgZHP

13. Final Fantasy IV: The Complete Collection

Satu lagi seri Final Fantasy, yaitu The Complete Collection. Judul ini menceritakan seorang pasukan khusus yang bernama Cecil dari kerajaan yang sebelumnya melakukan pemberontakan kepada rajanya sendiri.

Hal itu didasari oleh serangan kepada suatu desa dengan tujuan yang tidak jelas. Maksud sang raja pun terendus, ternyata ia bermaksud untuk memiliki batu kristal yang dapat menguasai dunia.

Misi Cecil di sini — yang juga sebagai pengguna– mencegah maksud raja untuk memiliki batu kristal tersebut. Download gamenya di sini:

Nama GameFinal Fantasy IV: The Complete Collection
WilayahAmerika Serikat
Rilis18 April 2011
PenerbitSquare Enix
Ukuran600 MB
FormatISO
Link Downloads.id/FinalFantasy4

Itulah artikel game PPSSPP RPG terbaik untuk Android dan PC. Genre ini memang akan selalu mempunya tempat di hati para penggemarnya, tak peduli mau itu game baru atau lawas.

Dari daftar di atas, kamu lebih suka dengan game RPG PSP lawas yang mana? Ceritakan di kolom komentar yuk!

Yuk Diskusikan di Komentar