Kini Google Drive Bisa Diakses Tanpa Koneksi Internet, Dijamin Aman!

Indonesia, Wantek.id – Setelah sekian lama dinanti pengguna, akhirnya Google resmi merilis fitur “Available Offline”. Fitur ini tersedia untuk jenis file PDF, Microsoft Word. Jenis file lainnya yang didukung oleh Google Drive juga bisa diakses melalui fitur ini. 

Memang, beberapa pengguna sudah menikmati fitur ini sebelumnya, ketika hadir dalam versi beta sejak 2019.

Dengan fitur baru ini, pengguna bisa mengakses dokumen PDF, gambar (PNG, JPG, dsb.), Micosoft Office, dan dokumen jenis lainnya di Google Drive secara offline alias tanpa koneksi internet. 

Google Drive sendiri merupakan penyimpanan cloud yang cukup populer. Namun, model penyimpanan seperti ini memiliki kelemahan, yakni seluruh file dan data yang disimpan tidak akan bisa diakses jika tidak ada koneksi internet. 

Dari hal itulah maka Google merilis fitur ini. Tentu saja pengguna merasa sangat terbantu jika bisa mengakses dokumen tersebut dan mengerjakan pekerjaan dalam keadaan offline. Untungnya, Google memiliki solusi untuk itu di masa kini.

Sebenarnya, mode offline di Google Drive bukanlah hal yang baru. Tidak seperti sekarang, dulu fitur ini sangat terbatas untuk mengakses file Google.

Cuma untuk Docs, Spreadsheet, dan Slides. Semenjak kehadiran fitur baru ini, Google berharap akan membantu pengguna untuk tetap bisa mengakses dokumen penting di Google Drive ketika travelling atau ketika tidak bisa tersambung ke internet. 

Sumber: googleblog

Cara mengakses dokumen di Google Drive tanpa koneksi internet pun cukup mudah dan sederhana, sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja. 

Untuk bisa mengakses file secara offline, pengguna harus mengaktifkan mode offline secara manual melalui PC, untuk setiap file yang ingin bisa diakses tanpa koneksi internet. 

Caranya adalah sebagai berikut. Buka Google Drive via browser Pilih file PDF, gambar, Microsoft Word, atau file lainnya yang ingin bisa diakses secara offline. 

Lalu klik kanan > geser tombol toggle “Available Offline” ke arah “on” atau hingga berwarna biru. Nantinya, setiap file yang bisa diakses secara offline akan memiliki ikon checklist di sebelah nama dokumennya.

Yuk Diskusikan di Komentar