Kenapa Instagram Minta Tanggal Lahir Pengguna? Ternyata Ini Alasannya

Indonesia, Wantek.id – Kini pengguna akun Instagram di bawah umur 13 tahun akan diberhentikan. Pasalnya mulai hari ini (2/9) aplikasi media sosial satu ini akan memberlakukan kebijakan baru. Yakni, pengguna wajib mengisi umur di pop up form yang sudah disediakan. 

Tujuannya tentu bukan bertujuan agar Instagram mengucapkan selamat ulang tahun, tetapi mereka ingin menjaga pengguna yang masih muda agar lebih aman. Mengingat, banyaknya kasus yang menyerang anak di bawah umur melalui sosial media, salah satunya Instagram.

Sumber Foto: Inet Detik

“Kami menanyakan ini untuk membantu melindungi pengguna yang masih muda di komunitas kita. Kami juga akan menggunakan ulang tahun kamu untuk mempersonalisasikan pengalamanmu,” tulis notifikasi yang dihadirkan oleh Instagram, dilansir dari Indozone.id.

Kebijakan baru ini juga diberlakukan sebagai bentuk perlindungan bagi pengguna yang berusia di bawah 18 tahun. Pasalnya, selama ini banyak sekali penjahat yang bersembunyi di balik Instagram. 

Dilansir dari Detik.com, pop up form untuk mengisi tanggal ini akan muncul beberapa kali di muka beranda Instagram. Dan, memang pengguna bisa mengabaikannya dengan mengklik opsi ‘Not Now’. 

Tapi pengguna tidak bisa menghiraukan notifikasi ini selamanya. Dalam hal ini, Instagram mewajibkan pengguna untuk memberikan tanggal lahirnya jika ingin tetap menggunakan aplikasi tersebut lebih lanjut.

Instagram juga telah menyediakan teknologi AI yang bisa mendeteksi kebohongan pengguna yang memalsukan tanggal lahir. Cara kerjanya adalah dengan mendeteksi tanggal lahir melalui komentar selamat ulang tahun di antara postingan pengguna. Atau verifikasi wajah yang bisa memperkirakan umur. 

Menanggapi keluhan pengguna di bawah 13 tahun tidak bisa bermain Instagram, pihaknya telah merancang aplikasi khusus. Yakni aplikasi Instagram untuk anak usia di bawah 13 tahun. Instagram juga telah meluncurkan beberapa fitur untuk melindungi pengguna di bawah umur seperti mencegah orang dewasa tidak dikenal mengirimkan DM kepada pengguna berusia di bawah 16 tahun.

Yuk Diskusikan di Komentar