Cara Menghilangkan Activate Windows 10

Saat kalian menginstall ulang Windows 10 tanpa aktivasi, kalian akan diberikan batas limit lisensi atau sering disebut dengan trial license.

Uji coba ini akan berlangsung selama 90 hari, selepas itu kalian akan menerima berbagai notifikasi yang menyatakan Windows 10 kalian expired.

Pada umumnya notifikasi tersebut adalah Your Windows License Expired Soon dan setelah itu akan ada watermark disudut kanan bawah desktop kalian. Watermarknya akan menampilkan tulisan Activate Windows – go to setting to activated Windows.

Watermark tersebut akan selalu muncul dimanapun kalian berada, misalnya sedang membuka browser watermarknya akan ngikut. Memang agak mengganggu sih.

Nah biar watermark Windows 10 kalian itu hilang permanen, kalian dapat melakukan cara menghilangkan activate Windows secara permanen melalui ulasan berikut:


Cara Menghapus Tulisan Activate Windows 10

Langkah 1: Buka Notepad

Langkah pertama adalah menjalankan program Windows 10. Program ini umumnya sudah ada di Windows kalian sehingga tidak perlu memasang aplikasi tambahan.

Program yang kami maksud adalah program bernama Notepad. Program ini yang akan kalian gunakan selama proses pembuatan script.

Cara membuka Notepad adalah masuk ke Start Menu kemudian ketikkan Notepad, lalu klik program yang bernama Notepad (biasanya paling atas).

Langkah 2: Salin dan Paste Script

Setelah membuka Notepad, kalian tidak hanya membukanya saja melainkan harus menambahkan suatu script atau kode tertentu. Kode ini yang hendak kami bagikan kepada kalian, berikut kodenya:

@echo off
taskkill /F /IM explorer.exe
explorer.exe
exit

Salin kode diatas dengan cara menyeleksi semua bagiannya kemudian tekan tombol CTRL + C. Kemudian buka kembali Notepad, pastekan salinan kode tersebut menggunakan shortcut CTRL + V.

Langkah 3: Simpan Script Notepad

Kode sudah kalian pastekan di Notepad, sekarang lanjut dengan menyimpannya. Melakukan penyimpanan atau “save” dapat dilakukan secara mudah. Kalian tinggal menekan shortcut CTRL + S.

Selanjutnya cari lokasi penyimpanan untuk meletakkan file Notepad tersebut, pilih bebas aja. Setelah itu berikan nama file seperti remove.bat lalu ubah “Save as Type” menjadi “All Files”. Kemudian tekan tombol Save yang berada disudut kanan jendela Explore.

Langkah 4: Jalankan Script

Saat ini buka Explorer kalian untuk menemukan lokasi file remove.bat tadi. Jika sudah ketemu, jalankan file tersebut dengan cara klik Kanan lalu pilih Run as Administrator.

Apabila muncul jendela “User Account Control”, cukup tekan tombol Yes untuk melewatinya. Nantinya secara otomatis membuka CMD lalu menampilkan tulisan “SUCCESS: The process “explorer.exe” with PID 9668 has been terminated“.

Tulisan tersebut memiliki arti dasar file remove.bat berhasil dijalankan dengan CMD. Anehnya tulisan tersebut hanya tampil sepersekian detik saja, jadi kalian harus benar-benar memastikan file remove.bat telah telah sukses berjalan.

Langkah 5: Restart PC

Terakhir kalian hanya perlu menerapkan satu langkah yang sangat mudah. Langkah tersebut adalah merestart PC/Laptop kalian.

FYI: Penerapan cara ini sangat praktis, tanpa perlu mematikan antivirus, aman dan gratis

Cara Menghilangkan Activate Windows 10 Lewat Regedit

Pada langkah kedua ini memiliki tingkat kesulitan yang bisa dibilang ini sudah tingkat “Advanced”. Pasalnya kalian perlu mengubah value data dari salah satu registry Windows 10.

Perubahan apapun itu yang dilakukan pada Registry Editor (Regedit) sangat berisiko. Malahan kalau salah mengubah akan menimbulkan kerusakan Windows 10 lainnya.

Maka dari itu kalian harus mengikuti langkah-langkah berikut agar tidak salah mengubah value data untuk menghilangkan watermark Activated:

  • Tekan tombol Windows + R
  • Ketikkan regedit lalu tekan OK
  • Kemudian copy lokasi direktori berikut Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\SoftwareProtectionPlatform\Activation
  • Klik kanan pada registry “Manual” lalu klik Modify
  • Selanjutnya ubah Value Data menjadi 1 agar mematikan auto activation
  • Kemudian pilih OK
  • Tutup program regedit seterusnya restart PC

Baca Juga : Cara Aktivasi Windows 11

Cara Menghilangkan Activate Windows 10 Lewat Aktivasi Windows

Tidak mau menanggung risiko besar, sebaiknya kalian beli lisensi Windows 10. Harga untuk satu lisensi Windows 10 dibanderol sebesar 2 jutaan buat Windows 10 Home dan 4 jutaan buat Windows 10 Pro.

Sepertinya harga lisensi Windows 10 sangat mahal ya. Kemungkinan sih belum pada punya duit buat beli itu.

Kebetulan kami punya alternatif membeli lisensi Windows 10 original dan legal dengan harga relatif murah. Lisensi retail adalah jawabannya.

Lisensi ini dijual murah pada marketplace di Indonesia, bahkan ada yang jual seharga 20 ribu rupiah saja. Kemudahan itu juga terasa saat kalian ingin menghilangkan activate Windows berikut ini:

  1. Beli lisensi retail
  2. Dapatkan CD lisensi (jika tidak dikirimkan CD-nya bisa minta kode aktivasinya doang, nanti penjual akan mengirimkan kode lisensi legal)
  3. Kemudian buka CMD dan jangan lupa klik Run as Administrator
  4. Ketikkan perintah slmgr /upk lalu Enter
  5. Ketikkan perintah slmgr.vbs /cpky lalu Enter
  6. Kemudian restart PC
  7. Setelah itu masuk ke Settings -> Update & Security -> Activation -> Change Product Key
  8. Isikan serial key Windows 10 lalu klik Next
  9. Selanjutnya klik Activate dan jangan lupa hidupkan internet
  10. Selesai

Note: Jika tidak bisa aktivasi, ulangi langkah 3 hingga 9

Cara Menghilangkan Activate Windows 10 Lewat KMS Pico

[Tidak disarankan untuk Pemula]

Cara terakhir adalah menggunakan activator Windows dan Office untuk Windows 10. Activator ini didapatkan secara gratis, sayangnya metode terakhir ini TIDAK kami rekomendasikan.

Alasannya karena activator ini sama saja kalian membajak lisensi Windows 10. Pembajakan adalah suatu tindakan yang sifatnya illegal.

Hanya saja kalau kalian cuman ingin mencoba apakah dengan activator ini kalian dapat menghilangkan windows Activate yang selalu muncul di pojok kanan bawah itu sah-sah saja.

Note : Kami tidak bertanggung jawab kalau terjadi apa-apa ya!

  • Langkah #1: Matikan antivirus terlebih dulu
  • Langkah #2: Download software KMS Pico untuk Windows 10 di kmsauto.info
  • Langkah #3: Ekstrak file KMS Piconya
  • Langkah #4: Buka folder yang sudah di ekstrak, lalu klik kanan pada file KMSpico.exe kemudian klik Run as Administrator
  • Langkah #5: Klik Next terus hingga softwarenya terpasang
  • Langkah #6: Jalankan aplikasi KMSPico
  • Langkah #7: Masuk ke menu Token lalu Klik pada opsi “Install Key”
  • Langkah #8: Kembali lagi ke menu “Main” untuk menekan tombol warna merah

Kesimpulannya adalah cara-cara diatas memang sangat manjur. Namun sebaiknya gunakan lisensi original/ritel untuk menghilangkan tulisan Activate Windows-nya ya. Pilihan terbaik jatuh di tangan kalian masing-masing.

Yuk Diskusikan di Komentar