Microsoft Bocorkan Tanggal ‘Lahiran’ Windows 11

Jakarta, Wantek.id – Microsoft akhirnya mengumumkan kapan kelahiran Windows 11. Tanggal peluncuran resminya yaitu 5 Oktober 2021.

Dalam hal ini, dilansir dari CNBC Indonesia, Microsoft akan memfasilitasi upgrade gratis akan pada PC Windows 10 yang memenuhi syarat. Upgrade gratis juga akan dilakukan pada perangkat keras baru yang telah menyertakan Windows 11 sebelumnya. 

Sedangkan, untuk peluncuran lebih banyak di pasaran akan dilakukan beberapa waktu setelah 5 Oktober mendatang.

“Mengikuti pembelajaran yang luar biasa dari Windows 10, kami ingin memastikan bahwa kami memberikan pengalaman terbaik,” ungkap manajer umum pemasaran Windows di Microsoft, Aaron Woodman, dikutip dari Liputan6.com, Rabu (2/9).

Sumber Foto: Microsoft

Dirinya juga melanjutkan bahwa semua pengguna bisa menikmati pembaruan gratis tahun depan. 

“Kami berharap semua perangkat yang memenuhi syarat akan ditawarkan pembaruan gratis ke Windows 11 pada pertengahan 2022,” katanya.

Menurut Woodman, apabila pengguna memiliki PC Windows 10 yang memenuhi syarat untuk pembaruan, Windows Update akan memberitahu mereka apabila Windows 11 sudah tersedia.

“Anda bisa memeriksa apakah Windows 11 siap untuk perangkat Anda dengan melihat Settings > Windows Update dan pilih Check for Updates,” jelasnya ditulis dalam blog Windows.

Untuk perangkat yang tidak memenuhi syarat untuk upgrade Windows 11, Microsoft menyarankan untuk menginstal menggunakan metode ISO. Selama, PC dibekali prosesor 64-bit 1Ghz dengan dua atau lebih inti, RAM 4GB, storage 64GB, dan chip TPM 1.2.

Namun apabila PC tidak didukung berarti kemungkinan tidak mendapatkan akses ke Pembaruan Windows bahkan patch keamanan.

Apabila PC tidak sepenuhnya Kompatibel dengan Windows 11, Microsoft masih mendukung Windows 10 hingga 14 Oktober 2025 mendatang. Tapi belum ada informasi lebih lanjut berapa banyak pembaruan besar yang akan dirilis perusahaan untuk Windows 10 selama empat tahun.

“Kami telah bekerja sama dengan OEM dan mitra ritel menghadirkan PC Windows 10 yang tangguh hari ini, akan membawa Anda ke masa depan dengan Windows 11,” papar Microsoft dalam pernyataan resminya.

Yuk Diskusikan di Komentar