Artinya Mutualan Twitter, TikTok, IG & Telegram (Lengkap)

Ketika menggunakan media sosial biasanya muncul berbagai bahasa gaul yang mungkin kalian tidak tau artinya, salah satunya yaitu mutualan.

Pasti kalian yang sering main Twitter sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini. Mutualan artinya saling mengikuti, lengkapnya yuk simak ulasan kami berikut:

  1. Pengertian Mutualan
  2. Tujuan Mutualan
  3. Cara Mutualan

Pengertian Mutualan Dalam Kamus Bahasa Gaul

Tujuan bermain media sosial bagi setiap pengguna tentu berbeda-beda, ada yang menggunakan media sosial untuk marketing dan ada pula yang bertujuan untuk memperbanyak mutual.

Kata mutual sendiri berasal dari bahasa inggris yang berarti saling atau bersama. Dari tiap media sosial memiliki arti mutualan yang berbeda-beda.

Yang pertama yaitu arti mutual di Instagram adalah orang yang kalian ikuti dan yang mengikuti akun Instagram kalian.

Dari kata mutual tersebut menambah tambahan –an yang menjadi kata mutualan. Mutualan sendiri bisa berarti mengajak berteman atau mengajak untuk saling mengikuti di media sosial.

Jika di Telegram, mutualan artinya tiap pengguna Telegram saling menyimpan kontak satu sama lain.

Jika di TikTok, mutualan TikTok artinya kalian mengikuti akun TikTok orang lain dan orang tersebut juga memfollow akun kalian. Jadi kalian bisa berteman dengan akun yang belum memfollow kalian dengan cara mengajaknya untuk mutualan.

Sama seperti Telegram, mutualan WhatsApp (WA) artinya kalian saling menyimpan kontak dengan teman kalian satu sama lain..

Tujuan Mutualan

Lalu, apa sih tujuan mutualan? Tujuan mutualan sendiri yaitu menambah pertemanan di media sosial.

Namun setiap orang juga pasti memiliki tujuan mutualan yang berbeda-beda, jika kalian sedang mencari mutual untuk memperbanyak follower maka tujuan mutualan yaitu menambah jumlah followers.

Dengan saling mengikuti atau mutualan ini maka kalian bisa lihat segala postingan atau tweet dari follower kalian.

Cara Mutualan Di Twitter, TikTok & IG

Setelah membaca arti dari kata mutualan di atas, tentu kalian sudah paham ya apa itu mutualan.

Lalu, gimana cara mutualan? Buat kalian yang pengen nambah mutual baik di Twitter, Instagram maupun TikTok tapi bingung gimana caranya, berikut kami berikan langkah-langkahnya yang disadur dari IdeaBox:

#1. Lihat Isi Pertemanan

Cara pertama yang bisa kalian lakukan yaitu melihat isi pertemanan kalian. Kalian bisa mengeceknya di daftar follower kalian maupun di daftar orang yang kalian ikuti. Biasanya jika kalian mengikuti influencer, mereka memiliki banyak sekali pengikut. Kalian bisa lihat daftar follower mereka.

Selain itu kalian bisa melihat dari Bio mereka, jika ada yang menarik perhatian kalian maka kalian bisa mengajak mereka untuk bermutualan. Atau jika ada sebuah tweet yang rame, kalian bisa mereply sekaligus mengajak orang yang ikut berkomentar untuk mutualan dengan kalian.

#2. Mentions/Kontak Dia

Setelah melihat Bio dan kalian melihat ada akun yang ingin kalian ajak mutualan, maka saatnya kalian ajak mereka mutualan dengan cara mention atau DM. Jika orang yang kalian ajak mutualan adalah teman real life kalian maka tentu mengajak mereka mutualan bukanlah hal yang sulit.

Tapi gimana jika orang yang kalian aja adalah orang asing? Bisa jadi kalian malah di blokir jika salah ajak mutualan karena dianggap mengganggu. Untuk itu pastikan kalian mention mereka dengan pesan yang sopan ya.

#3. Ajak Mutualan

Kalian bisa langsung ajak mereka untuk mutualan atau basa basi dulu seperti berkenalan. Jika kalian sudah berkenalan dan ingin langsung ajak mereka mutualan pastikan menggunakan bahasa yang sopan ya misalnya mutualan yuk kak dan sebagainya.

Cara Mutualan di Telegram

Selain bermutualan di akun Twitter, TikTok maupun Instagram, kalian juga bisa ajak mutualan Telegram.

Saat ini Telegram sangat digemari banyak orang karena kemudahannya dalam mencari teman dalam grup yang bisa menampung hingga puluhan ribu anggota.

Jika kalian ingin cari mutual di telegram, berikut caranya:

#1. Gabung ke Grup Telegram

Hal pertama yang perlu kalian lakukan yaitu dengan gabung di grup Telegram. Di telegram ada banyak sekali grup yang bisa kalian ikuti. Jika kalian menyukai drakor maka kalian bisa cari mutualan di grup Telegram drakor.

  • Jika kalian baru menggunakan telegram dan bingung cara gabung grup Telegram bisa memulai dengan membuka akun Telegram kalian
  • Kemudian tap ikon Pencarian di pojok kanan atas
  • Di kolom pencarian, kalian tinggal ketik grup drakor maka akan muncul berbagai grup (Contoh: DrakorIndo)
  • Pilih salah satu dan klik join grup
  • Jika sudah kalian bisa ikut ngobrol dengan anggota grup tersebut

#2. Cari Teman di Daftar Anggota Grup Telegram

Jika sudah gabung grup dan kalian ingin cari mutual anggota lain maka kalian bisa lihat daftar anggotanya di grup tersebut. Terus kalian bisa mengajak anggota grup yang terbiasa chat dengan kalian di grup atau memilih dengan melihat Bio mereka. Jika ada yang cocok dengan kalian maka kalian bisa ajak mereka mutualan.

#3. Kontak Dia

Cara bermutualan di Telegram sama seperti di aplikasi chatting lain yaitu dengan menyimpan kontak satu sama lain. Untuk itu, kalian bisa private chat mereka yang ingin kalian ajak mutualan dengan berkenalan terlebih dahulu.

#4. Ajakin Mutualan

Apabila sudah berkenalan maka kalian bisa minta mereka untuk menyimpan nomor kalian di kontak mereka. Jika mereka sudah menyimpan kontak kalian maka kalian sudah berhasil mutualan.

Tips Mencari Mutual Di Telegram

Jika kalian pengguna Telegram, kalian bisa menggunakan fitur bot anonymous chat yang bisa kalian cari di search bar.

Kalian akan chat dengan akun acak tanpa saling mengetahui identitas masing masing. Kalian juga bisa saling chat, dan jika cocok maka kalian bisa ajak mereka mutualan.

Apabila selepas mutualan, orang yang kalian ajak mutualan suka DM tidak jelas atau sering posting hal yang kurang baik maka kalian bisa block atau unfollow mereka.

Walaupun dasarnya media sosial adalah tempat yang sangat menyenangkan untuk mencari teman karena kalian tidak perlu bertemu dahulu atau tahu wajah masing-masing untuk berteman.

Tapi, tentu tidak semua pengguna media sosial adalah orang yang baik. Untuk itu kalian harus hati hati ketika kalian meminta untuk mutualan atau diajak mutualan.

Yuk Diskusikan di Komentar