Inilah Perbedaan Smart TV Dan Android TV

Perbedaan Smart TV Dan Android TV belakangan ramai diperbincangkan karena keistimewaan yang dimiliki keduanya.

Banyaknya kemiripan membuat orang merasa bingung saat membedakan antara Smart TV dan Android TV. Namun pada dasarnya di antara keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Inovasi teknologi yang selalu ditingkatkan membuat Smart TV vs Android TV mampu menarik perhatian masyarakat.

Keduanya punya tujuan yang sama yaitu semakin memberikan pelayanan terbaik dengan kecanggihan teknologi yang mereka miliki. Seperti apa detail perbedaan dari kedua perangkat tersebut?, sebaiknya kita simak informasi lengkap melalui beberapa poin ini:


Smart TV

Ketika berbicara Smart TV, pasti pikiran kita akan tertuju pada kecanggihan teknologi yang sudah menyerupai seperti smartphone. Kalian bisa merasakan sensasi menggunakan TV yang pengoprasiannya seperti komputer. Itulah salah satu fungsi utama Smart TV.

#1. Kelebihan Smart TV

Smart TV akan mendukung aktifitas kalian dengan banyak kelebihan seperti berikut ini:

  • Bisa digunakan untuk browsing, YouTube maupun melihat tayangan favorit dengan memasang layanan TV berbayar
  • Ada fitur untuk merekam dan menyimpan tayangan yang mudah untuk diputar kembali kapan saja
  • Layaknya Smartphone, kalian juga bisa mengunduh beberapa aplikasi di Smart TV, salah satunya seperti game
  • Walau pada dasarnya setiap merk Smart TV berbeda-beda, umumnya Smart TV dilengkapi oleh sistem operasi (OS) seperti OS Tizen, OS WebOS hingga OS Android TV
  • Tampilan layar yang bisa kita nikmati layaknya tampilan Smartphone dengan ukuran besar serta desain TV yang terlihat lebih menarik dan elegan

#2. Kekurangan Smart TV

Apakah smart tv bisa pakai antena biasa? Jawabannya bisa jika tersedia port-nya walau sebenarnya kurang disarankan. Namun kekurangan pada Smart TV sendiri ketika ingin merasakan sensasi nonton YouTube atau browsing dan lainnya. Kalian harus terkoneksi jaringan internet terlebih dahulu baik Wifi maupun kabel ethernet.

Selain itu harga Smart TV sendiri sedikit lebih mahal jika kita bandingkan dengan Android TV jika kita lihat dari spesifikasinya.

Dengan nominal uang sama, kalian bisa mendapatkan Android TV yang spesifikasinya lebih baik. Selain itu, kekurangan Smart TV jika dibanding Android TV adalah terbatasnya aplikasi yang bisa diunduh.


Android TV

Seperti namanya, Android TV beroperasi menggunakan sistem Android. Pada dasarnya sistem operasi ini memiliki toko aplikasi. Toko tersebut bernama Google Playstore. Toko ini mampu mengunduh banyak aplikasi, tentu berbeda dengan Smart TV tadi.

#1. Kelebihan Android TV

Berikut ini kita bisa sedikit mengetahui kelebihan Android TV tersebut:

  • Bisa diaplikasikan pada berbagai TV untuk membuatnya jadi TV pintar
  • Ada kemungkinan besar untuk kita bisa mengunduh banyak aplikasi pada Android TV karena tersedia fitur Google dan Play Store
  • Harga Android TV lebih murah dan terjangkau dengan spesifikasi yang bisa dibilang lebih tinggi
  • Dilengkapi fitur Google Voice Input dan control serta Google Cast atau sebuah fitur yang bisa menghubungkan TV dengan smartphone

#2. Kekurangan Android TV

Apakah Android TV bisa nonton TV biasa? Pada dasarnya, Android TV merupakan basis utama sistem operasi Android untuk Smart TV. Kita tetap harus mempunyai TV yang bisa mendukungnya untuk dimodifikasi supaya bisa menjadi TV pintar.

Dengan memodifikasi TV tersebut, secara tidak langsung ada beberapa perangkat tambahan yang harus kita gunakan. Seperti misalnya kita membutuhkan box demi bisa mengoperasikan sistem operasi Android TV. Tidak hanya itu, untuk remot juga tidak cukup satu tapi dua ketika kalian ingin menjalankan TV dan Android TV tersebut.

Intinya jika kalian ingin menikmati fitur lengkap seperti yang ada dalam smartphone, kalian bisa membeli Android TV. Namun kita harus ingat juga jika memerlukan TV lain untuk bisa kalian modifikasi dengan Android TV menjadi TV pintar.

Yuk Diskusikan di Komentar