Telegram Lemot

Telegram berhasil menjadi salah satu aplikasi chatting yang cukup digemari, hal ini terbukti dengan jumlah pengguna Telegram yang terus meningkat.

Kesuksesan Telegram tentu tidak lepas dari berbagai fitur menarik yang tidak dimiliki oleh aplikasi chat lain. Diantaranya yaitu adanya fitur channel dan grup yang dapat menampung hingga ribuan orang.

Namun sayangnya, dengan banyaknya fitur-fitur menarik tersebut, terkadang membuat aplikasi Telegram menjadi sangat lemot.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kali ini Wantek.ID akan memberikan penjelasan lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi Telegram yang lemot.

Kenapa Telegram Lemot?

Aplikasi Telegram yang tiba-tiba lemot bisa terjadi karena beberapa penyebab. Namun, penyebab yang paling sering terjadi yaitu karena banyaknya file cache yang menumpuk.

Banyaknya file cache tersebut tentu bisa terjadi karena berbagai hal, seperti banyaknya media Telegram yang secara otomatis terdownload, banyaknya chat baik chat pribadi atau grup, dan lain sebagainya.

Nah, untuk mengatasi Telegram tiba-tiba lemot itu, kalian memerlukan beberapa cara mudah yang didapat pada penjelasan di bawah ini.

Cara Mengatasi Telegram Lemot

Berikut ini beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi aplikasi Telegram lemot:

1. Hapus Cache Telegram

Seperti yang sudah kami singgung di atas bahwa penyebab utama Telegram menjadi lemot adalah banyaknya file cache yang tersimpan, maka hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu membersihkan cache.

Agar proses pembersihan cache lebih maksimal, sebaiknya bersihkan cache secara langsung pada aplikasi Telegram melalui pengaturan aplikasi, berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka menu Settings atau Pengaturan.

Langkah 2: Cari dan pilih Apl atau Pengaturan Aplikasi.

Langkah 3: Buka menu Kelola Aplikasi.

Langkah 4: Cari dan pilih aplikasi Telegram.

Langkah 5: Tap opsi Hapus Data.

Langkah 6: Lalu pilih Hapus Cache.

Langkah 6: Selesai.

Catatan: Langkah-langkah di atas saya lakukan dengan menggunakan HP Xiaomi Redmi Note 8. Jadi mungkin akan ada perbedaan tampilan pada HP yang kamu gunakan.

2. Hapus Chat Tidak Penting

Seringnya kamu bertukar pesan di aplikasi Telegram, tentu akan membuat chat yang tersimpan semakin banyak. Apalagi jika kamu bergabung pada suatu grup atau channel yang setiap harinya muncul pesan baru dalam jumlah ratusan hingga ribuan.

Banyaknya chat pada aplikasi Telegram ternyata juga bisa menjadi salah satu penyebab aplikasi Telegram bisa lemot.

Jadi, silahkan hapus beberapa chat yang sekiranya sudah tidak penting lagi. Menghapus chat ini berlaku untuk chat pribadi maupun chat grup.

3. Kurangi Ruang Penyimpanan HP

Setiap smartphone tentu memiliki kapasitas penyimpanan yang berbeda-beda. Jika HP milik kamu mempunyai kapasitas penyimpanan yang terbilang kecil, tentu kamu harus memperhatikan sisa ruang penyimpanan HP dengan baik.

Karena apabila kapasitas penyimpanan hampir penuh atau bahkan sudah penuh, ini akan membuat kinerja HP menjadi lambat yang juga dapat berimbas ke aplikasi Telegram.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk memastikan kapasitas memori penyimpanan internal memiliki ruang kosong yang cukup.

Caranya yaitu dengan menghapus berbagai file yang sekiranya sudah tidak diperlukan lagi, atau kamu juga bisa memindahkan file-file dengan kapasitas besar ke SD Card.

Baca Juga: Cara Membuat Bot di Telegram

4. Matikan Dulu Fitur Download Otomatis

Telegram memberikan fitur download otomatis untuk mempermudah penggunanya dan membuat komunikasi menjadi lebih efektif.

Namun, fitur auto download ini juga dapat mengakibatkan aplikasi Telegram kamu menjadi lemot.

Untuk itu, sebaiknya matikan saja fitur download otomatis Telegram ini apalagi jika kamu tidak terlalu membutuhkannya. Berikut langkah-langkahnya:

Cara 1: Buka aplikasi Telegram, kemudian tap garis tiga di pojok kiri atas dan pilih Pengaturan.

Cara 2: Silahkan pilih opsi Data & Penyimpanan.

Cara 3: Cari menu Unduh Media Otomatis.

Cara 4: Dibawah menu tersebut, silahkan matikan opsi Saat Terhubung Wi-Fi dan Saat Menggunakan Data Seluler.

5. Keluar dari Grup Tidak Penting

Banyaknya grup yang kamu ikuti di Telegram juga bisa menjadi penyebab aplikasi Telegram kamu menjadi lemot.

Sebaiknya, pastikan kembali apakah grup-grup yang kamu ikuti tersebut masih aktif dan benar-benar bermanfaat bagi kamu atau tidak.

Jika grup tersebut sudah tidak aktif atau ternyata tidak bermanfaat bagi kamu, sebaiknya keluar saja dari grup tersebut.

Setelah kamu keluar dari grup tersebut, jangan lupa juga untuk menghapus grup tersebut agar chat dan media dari grup tersebut juga ikut terhapus.

Baca Juga: Cara Deak Akun Telegram Permanen

6. Mute Notifikasi Grup/Channel

Biasanya intensitas chat dari grup atau channel akan sangat sering terjadi, dimana hal ini membuat notifikasi pada aplikasi Telegram kamu akan terus berbunyi.

Bahkan pada beberapa kasus, dimana muncul puluhan hingga ratusan chat dalam waktu yang singkat, ternyata bisa membuat kinerja Telegram kamu menjadi sangat lemot dan berat.

Untuk mengatasinya, kamu tidak perlu keluar dari grup atau channel tersebut jika kamu masih ingin berada didalamnya. Cukup dengan mematikan notifikasi grup atau channel saja.

Untuk mematikan notifikasi chat grup atau channel Telegram, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah #1: Jalankan aplikasi Telegram.

Langkah #2: Cari channel atau grup yang ingin kamu mute.

Langkah #3: Tekan dan tahan beberapa saat pada grup/channel tersebut lalu pilih icon Speaker dicoret di bagian atas.

7. Matikan Fitur “Putar Otomatis Media”

Fitur “Putar Otomatis Media” juga bisa menjadi salah satu penyebab kenapa aplikasi Telegram di HP kamu mendadak lemot.

Jadi sebaiknya, matikan saja fitur tersebut agar kinerja Telegram menjadi semakin baik. Berikut cara melakukannya:

Cara #1: Buka menu Pengaturan atau Settings telegram.

Cara #2: Pilih menu Data & Penyimpanan.

Cara #3: Silahkan cari menu Putar Otomatis Media di bagian bawah.

Cara #4: Matikan opsi Video dan GIF dengan menekan tombol toggle pada opsi tersebut.

Demikian pembahasan lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi Telegram lemot di HP. Semoga dengan melakukan beberapa cara di atas, kini Telegram kamu kembali berjalan dengan normal.

Yuk Diskusikan di Komentar