Pendiri Telegram: TikTok dan Netflix Bahayakan Otak

Jakarta, Wantek.id – TikTok dan Netflix kini dirumorkan berbahaya bagi otak. Hal ini disampaikan oleh Pavel Durov, Pendiri Telegram. Pavel menyebutkan bahwa TikTok dan Netflix bisa membuat seseorang ketergantungan.

Pavel menjelaskannya melalui postingan terbaru di channel Telegram resminya yang membahas soal kinerja otak.

“Pikiran adalah alat kita yang paling kuat. Tak ada yang tidak bisa dilakukannya. Berdasarkan banyak studi, pikiran secara aktif menghasilkan ide baru bahkan saat kita beristirahat atau tak melakukan apapun. Sering kita punya solusi masalah sulit setelah tidur panjang di malam hari,” tulisnya, dilansir dari DetikINET (9/9).

Ia juga memperingatkan agar orang jangan terlalu terpaku dengan video di TikTok atau Netflix. Lelaki yang bermukim di Dubai ini juga menambahkan bahwa seperti halnya wujud fisik kita bergantung pada apa yang kita makan, kondisi mental manusia bergantung pula pada kualitas informasi yang dimasukkan ke otak.

“Jika kita memupuk otak kita dengan data real life yang memungkinkannya menyelesaikan masalah-masalah fundamental, ia akan memproses data ini di latar belakang dan datang dengan solusi tidak terduga,” paparnya lagi.

Pavel merasa resah dengan tingkah laku orang terlena dengan layanan semacam TikTok atau Netflix.

“Sayangnya kebanyakan orang lebih memilih menyuapi pikiran mereka tidak dengan fakta nyata yang bisa membuat kita mengubah dunia tapi dengan video serial Netflix random atau video TikTok,” kritiknya.

“Untuk menjadi kreatif dan produktif, kita pertama-tama harus membersihkan pikiran kita dari konten tidak relevan dari banjir rekomendasi algoritma setiap hari. Jika kita ingin mendapatkan kembali kebebasan kreatif, kita pertama-tama harus memperoleh kembali kendali pikiran kita,” lanjut Pavel Durov.

Sebagai informasi, Pavel Valeryevich Durov (bahasa Rusia: Па́вел Вале́рьевич Ду́ров) adalah wirausahawan Rusia yang dikenal sebagai pendiri situs jejaring sosial VK dan aplikasi perpesanan Telegram. Pavel lahir dari pasangan Valery Durov dan Albina Durova pada 10 Oktober 1984.

Yuk Diskusikan di Komentar