Twitter Rilis Uji Coba Tampilan Baru Mirip Instagram, Netizen: Jelek!

Jakarta, Wantek.id – Twitter sedang merilis uji coba tampilan baru untuk timeline yang membuatnya terlihat mirip timeline Instagram. Timeline baru berkonsep edge-to-edge ini membuat tampilan foto dan video jadi terlihat lebih besar.

Desain baru ini juga akan membantu Twitter mengatasi masalah cropping foto yang mereka hadapi belakangan ini.

Sejak tahun lalu, pengguna mengeluhkan algoritma Twitter yang digunakan untuk memotong foto di preview cuitan karena dianggap bias terhadap wajah orang kulit putih.

Twitter mengatakan uji coba ini dilakukan untuk mendorong lebih banyak percakapan yang berbasis foto dan video, agar tidak hanya fokus di cuitan berbasis teks, seperti dikutip dari TechCrunch, Rabu (9/9).

Hasilnya foto dan video di dalam cuitan terlihat lebih besar dan lebih penuh. Bahkan pengguna mungkin tidak perlu mengklik foto atau video untuk melihatnya dalam ukuran penuh.

Twitter kemudian merilis kontrol lebih baik untuk cropping foto dan mengenalkan foto yang lebih besar di timeline. Tapi dengan uji coba ini, Twitter membawa perubahan itu lebih jauh lagi dengan menghadirkan timeline yang lebih berat ke visual ala Instagram.

Saat ini timeline baru Twitter baru diuji coba oleh sejumlah kecil pengguna di iOS. Meski belum dirilis secara resmi, tampilan baru ini langsung dikeluhkan oleh pengguna.

Sama seperti saat Twitter mengenalkan desain dan font barunya beberapa bulan yang lalu, netizen mengatakan timeline baru Twitter ini membuat mereka pusing. Ada juga yang mengatakan perubahan desain ini membuat tampilan Twitter jadi jelek.

“Kalau kamu tetap melanjutkan ini tidak ada orang yang mau menggunakan aplikasi ini,” kata pengguna Twitter @auronhoe.

“Semakin banyak update yang kamu tambahkan… aplikasi ini jadi semakin jelek,” kata netizen @BonkyP diikuti dengan emoji menangis.

Twitter dibuat pada bulan Maret 2006 dan diluncurkan pada bulan Juli di tahun yang sama oleh Jack Dorsey, Noah Glass, Bizz Stone, dan Evan Williams.

Di Indonesia, jumlah pengguna Twitter mencapai 14,05 juta sampai dengan Januari 2021. Antara melaporkan, sejak data terakhir pada Desember 2011, tercatat jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 55 juta orang atau menguasai Asia sebesar.

Yuk Diskusikan di Komentar