Cara Menggunakan Aplikasi OVO

9+ Cara Menggunakan Aplikasi OVO, Sangat Mudah Dipahami!

Aplikasi OVO – OVO adalah sebuah aplikasi keuangan digital yang populer di Indonesia. Aplikasi OVO digunakan untuk berbagai tujuan, antara lain:

  1. Pembayaran: OVO memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran dalam berbagai bentuk, seperti membayar tagihan listrik, air, telepon, dan TV kabel. Selain itu, OVO juga dapat digunakan untuk membayar transaksi di berbagai merchant mitra OVO, seperti restoran, toko ritel, bioskop, dan lain sebagainya.
  2. Transfer Uang: Pengguna OVO dapat mentransfer uang secara langsung kepada pengguna OVO lainnya. Fitur ini memudahkan pengguna dalam melakukan transfer uang kepada teman, keluarga, atau mitra bisnis.
  3. Top Up Pulsa dan Paket Data: OVO juga menyediakan layanan top up pulsa dan paket data untuk operator seluler di Indonesia. Pengguna dapat melakukan isi ulang pulsa atau membeli paket data dengan mudah melalui aplikasi OVO.
  4. Investasi: OVO juga menawarkan fitur investasi yang dikenal sebagai OVO Investa. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan investasi dengan nominal yang kecil dan menghasilkan potensi keuntungan.
  5. Pemesanan dan Pengiriman Makanan: Melalui OVO, pengguna dapat memesan makanan dari berbagai restoran dan layanan pengiriman makanan. OVO memiliki fitur OVO Food Delivery yang memungkinkan pengguna untuk memesan makanan dan mengirimkannya ke lokasi yang diinginkan.
  6. Cashback dan Promo: OVO menawarkan program cashback dan promo yang menarik bagi pengguna. Pengguna dapat memperoleh cashback atau diskon khusus saat melakukan pembayaran atau transaksi di merchant-merchant yang bekerja sama dengan OVO.
  7. Layanan Keuangan Lainnya: Selain itu, OVO juga telah mengembangkan layanan keuangan lainnya, seperti OVO PayLater (fitur kredit belanja), OVO Protection (asuransi digital), dan OVO Donasi (fitur untuk melakukan donasi kepada lembaga amal).

Perlu dicatat bahwa informasi ini akurat hingga bulan September 2021. Mungkin ada perubahan atau penambahan fitur baru dalam aplikasi OVO setelah tanggal tersebut.

Cara Daftar OVO

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk mendaftar akun OVO:

  1. Unduh Aplikasi: Unduh dan instal aplikasi OVO melalui Google Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS).
  2. Buka Aplikasi: Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi, buka aplikasi OVO di perangkat Anda.
  3. Pilih “Daftar”: Pada layar beranda aplikasi OVO, pilih opsi “Daftar” atau “Buat Akun Baru”. Biasanya terdapat tombol “Daftar” di bagian bawah layar.
  4. Masukkan Nomor Ponsel: Pada langkah ini, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor ponsel yang ingin Anda daftarkan dengan OVO. Pastikan nomor yang Anda masukkan benar dan masih aktif.
  5. Verifikasi Nomor Ponsel: Setelah memasukkan nomor ponsel, Anda akan menerima SMS berisi kode verifikasi. Masukkan kode tersebut ke dalam aplikasi OVO untuk memverifikasi nomor ponsel Anda.
  6. Buat PIN OVO: Setelah verifikasi nomor ponsel berhasil, Anda akan diminta untuk membuat PIN OVO. PIN ini akan digunakan untuk mengamankan akun OVO Anda. Pilihlah PIN yang kuat dan mudah diingat, tetapi sulit ditebak oleh orang lain.
  7. Isi Data Diri: Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi beberapa informasi pribadi, seperti nama lengkap, tanggal lahir, dan alamat email. Masukkan informasi yang diminta dengan benar.
  8. Tambahkan Metode Pembayaran: Pada tahap ini, Anda dapat menambahkan metode pembayaran ke akun OVO Anda. Anda dapat memilih untuk menambahkan kartu kredit, kartu debit, atau rekening bank yang akan digunakan untuk mengisi saldo OVO Anda.
  9. Selesai: Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah di atas, proses pendaftaran akun OVO selesai. Anda dapat mulai menggunakan aplikasi OVO untuk melakukan pembayaran, transfer uang, dan menikmati fitur lainnya.

Pastikan untuk membaca syarat dan ketentuan yang berlaku pada saat pendaftaran, dan pastikan Anda telah memasukkan informasi yang benar dan akurat. Jika Anda mengalami kendala atau kesulitan selama proses pendaftaran, Anda dapat menghubungi layanan pelanggan OVO untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Baca Juga : Langkah-langkah Membuat Aplikasi Android Dengan Mudah 2023

OVO Bekerja Sama Dengan bank Apa Saja?

OVO bekerja sama dengan beberapa bank di Indonesia untuk memfasilitasi transaksi keuangan pengguna. Beberapa bank mitra OVO antara lain:

  1. Bank Mandiri
  2. Bank Central Asia (BCA)
  3. Bank Negara Indonesia (BNI)
  4. Bank Rakyat Indonesia (BRI)
  5. Bank CIMB Niaga
  6. Bank Permata
  7. Bank OCBC NISP
  8. Bank Panin
  9. Bank Maybank
  10. Bank Danamon

Melalui kerjasama dengan bank-bank tersebut, OVO memungkinkan pengguna untuk mengisi saldo OVO melalui transfer dari rekening bank mereka, serta melakukan transaksi menggunakan OVO di merchant-merchant yang bekerja sama dengan bank-bank tersebut.

Harap dicatat bahwa informasi ini akurat hingga bulan September 2021, dan kemungkinan adanya penambahan atau perubahan mitra bank OVO setelah tanggal tersebut. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih spesifik mengenai kerjasama OVO dengan bank tertentu, disarankan untuk menghubungi layanan pelanggan OVO untuk informasi yang lebih terkini.

Apakah Akun OVO Harus Punya Rekening Bank?

Tidak, Anda tidak harus memiliki rekening bank untuk memiliki akun OVO. OVO dapat digunakan sebagai dompet digital independen yang memungkinkan Anda melakukan berbagai transaksi keuangan tanpa memiliki rekening bank.

Anda dapat mengisi saldo OVO Anda melalui beberapa metode, termasuk transfer dari rekening bank Anda sendiri atau menggunakan fitur top-up yang disediakan oleh OVO, seperti melalui gerai-gerai mitra OVO, minimarket, atau menggunakan fitur OVO Cash yang memungkinkan Anda untuk mengisi saldo secara tunai.

Namun, perlu dicatat bahwa dengan memiliki rekening bank terhubung ke akun OVO, Anda dapat dengan mudah melakukan transfer uang antara rekening bank dan akun OVO Anda, serta memanfaatkan fitur-fitur lain yang terkait dengan rekening bank yang ditawarkan oleh OVO, seperti top-up saldo OVO melalui transfer bank.

Jadi, meskipun memiliki rekening bank tidak wajib untuk mendaftar dan menggunakan akun OVO, memiliki rekening bank terhubung dapat memperluas pilihan dan kemudahan dalam pengelolaan keuangan Anda melalui OVO.

Cara Top Up OVO

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk melakukan top-up saldo OVO:

  1. Buka Aplikasi: Buka aplikasi OVO di perangkat Anda.
  2. Masuk: Jika Anda belum masuk ke akun OVO, masukkan nomor ponsel dan PIN OVO Anda untuk masuk ke akun.
  3. Pilih “Isi Saldo” atau “Top Up”: Di beranda aplikasi OVO, cari dan pilih opsi “Isi Saldo” atau “Top Up”. Biasanya, terdapat tombol “Top Up” di bagian bawah layar.
  4. Pilih Metode Top-up: Anda akan diberikan beberapa pilihan metode top-up yang tersedia. Beberapa metode top-up yang umum meliputi:a. Transfer Bank: Jika Anda ingin mentransfer uang dari rekening bank Anda, pilih opsi “Transfer Bank” atau “Top Up dari Rekening Bank”. Pilih bank yang Anda gunakan, masukkan jumlah top-up yang diinginkan, dan ikuti instruksi selanjutnya untuk menyelesaikan transfer.b. Kartu Debit/Kredit: Jika Anda ingin menggunakan kartu debit atau kartu kredit, pilih opsi “Kartu Debit” atau “Kartu Kredit”. Masukkan detail kartu yang diminta, seperti nomor kartu, tanggal kedaluwarsa, dan CVV. Kemudian, masukkan jumlah top-up yang diinginkan dan ikuti langkah-langkah selanjutnya untuk menyelesaikan transaksi.c. OVO Cash Agent atau Gerai Mitra: Jika Anda ingin melakukan top-up secara tunai, pilih opsi “OVO Cash Agent” atau “Gerai Mitra”. Anda akan diberikan daftar lokasi mitra OVO yang mendukung top-up tunai. Pilih lokasi yang terdekat atau sesuai dengan preferensi Anda. Kunjungi gerai tersebut dan ikuti instruksi petugas untuk melakukan top-up tunai ke akun OVO Anda.
  5. Konfirmasi dan Verifikasi: Setelah memilih metode top-up dan memasukkan informasi yang diperlukan, periksa kembali detail transaksi Anda. Pastikan jumlah top-up dan metode pembayaran yang Anda pilih benar. Setelah itu, ikuti instruksi untuk melakukan verifikasi tambahan yang mungkin diperlukan.
  6. Selesai: Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah di atas, top-up saldo OVO Anda akan diproses. Saldo OVO akan diperbarui sesuai dengan jumlah yang Anda top-up menggunakan metode yang dipilih.

Pastikan Anda memeriksa batas top-up yang berlaku untuk akun OVO Anda, serta memperhatikan ketentuan dan biaya yang mungkin terkait dengan metode top-up yang Anda pilih. Jika Anda mengalami kendala atau kesulitan selama proses top-up, Anda dapat menghubungi layanan pelanggan OVO untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Baca Juga : 10 Aplikasi Perekam Suara Terbaik untuk Smartphone

Bagaimana Cara Mengambil Uang Di Aplikasi OVO?

Untuk mengambil uang dari akun OVO, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Aplikasi: Buka aplikasi OVO di perangkat Anda.
  2. Masuk: Jika Anda belum masuk ke akun OVO, masukkan nomor ponsel dan PIN OVO Anda untuk masuk ke akun.
  3. Pilih “Tarik Tunai”: Di beranda aplikasi OVO, cari dan pilih opsi “Tarik Tunai” atau “Tarik Saldo”.
  4. Tentukan Jumlah: Pada halaman Tarik Tunai, tentukan jumlah uang yang ingin Anda tarik dari saldo OVO Anda. Pastikan jumlah yang Anda masukkan sesuai dengan saldo yang tersedia di akun OVO Anda.
  5. Pilih Metode Penarikan: Anda akan diberikan pilihan metode penarikan. OVO menyediakan beberapa metode penarikan, seperti transfer ke rekening bank atau penarikan tunai melalui mitra OVO yang mendukung.a. Transfer Bank: Jika Anda ingin mentransfer uang dari OVO ke rekening bank, pilih opsi “Transfer Bank” atau “Tarik ke Rekening Bank”. Anda akan diminta untuk memasukkan detail rekening bank penerima, seperti nama bank, nomor rekening, dan nama pemilik rekening. Ikuti langkah-langkah selanjutnya untuk menyelesaikan proses transfer.b. Penarikan Tunai: Jika Anda ingin melakukan penarikan tunai, pilih opsi “Penarikan Tunai” atau “Tarik Tunai di Merchant”. Anda akan diberikan daftar merchant atau gerai yang mendukung penarikan tunai melalui OVO. Pilih merchant atau gerai yang diinginkan dan ikuti instruksi yang diberikan. Biasanya, Anda perlu memberikan kode unik yang diberikan oleh aplikasi OVO kepada petugas gerai untuk melakukan penarikan tunai.
  6. Konfirmasi dan Verifikasi: Setelah memilih metode penarikan, Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi transaksi dan melakukan verifikasi tambahan sesuai dengan metode yang dipilih. Ikuti langkah-langkah yang ditampilkan di layar untuk menyelesaikan proses penarikan.

Setelah proses penarikan selesai, dana akan ditarik dari saldo OVO Anda sesuai dengan jumlah yang Anda tentukan dan dikirimkan ke rekening bank yang dituju atau diberikan dalam bentuk tunai melalui gerai mitra OVO yang dipilih.

Pastikan untuk memeriksa dan memastikan bahwa Anda telah memasukkan informasi yang benar dan akurat saat melakukan penarikan, agar dana dapat dikirimkan dengan tepat dan aman. Juga, perhatikan bahwa beberapa metode penarikan mungkin memerlukan biaya atau batasan tertentu yang perlu Anda pertimbangkan sebelum melanjutkan.

Fitur Layanan OVO

OVO menyediakan berbagai fitur dan layanan yang mencakup berbagai kebutuhan keuangan digital. Berikut adalah beberapa fitur dan layanan utama yang disediakan oleh OVO:

  1. Pembayaran: OVO memungkinkan Anda untuk melakukan pembayaran berbagai tagihan, seperti tagihan listrik, air, telepon, TV kabel, dan internet. Selain itu, Anda dapat melakukan pembayaran di berbagai merchant mitra OVO, seperti restoran, toko ritel, bioskop, transportasi online, dan banyak lagi.
  2. Transfer Uang: Anda dapat mentransfer uang secara langsung kepada pengguna OVO lainnya melalui fitur transfer OVO. Anda dapat mengirimkan uang kepada teman, keluarga, atau mitra bisnis dengan mudah menggunakan nomor ponsel mereka.
  3. Top Up Pulsa dan Paket Data: OVO menyediakan layanan top-up pulsa dan paket data untuk operator seluler di Indonesia. Anda dapat dengan mudah mengisi ulang pulsa atau membeli paket data langsung melalui aplikasi OVO.
  4. Investasi: OVO Investa adalah fitur investasi yang memungkinkan Anda untuk melakukan investasi dengan nominal kecil dan memperoleh potensi keuntungan. Anda dapat memilih produk investasi yang sesuai dengan profil risiko Anda dan memantau perkembangan investasi Anda melalui aplikasi OVO.
  5. Cashback dan Promo: OVO menyediakan program cashback dan promo yang menarik bagi pengguna. Anda dapat memperoleh cashback atau diskon khusus saat melakukan pembayaran atau transaksi di merchant-merchant yang bekerja sama dengan OVO.
  6. OVO PayLater: Fitur OVO PayLater memungkinkan Anda untuk melakukan pembelian barang dan jasa dengan sistem kredit belanja. Anda dapat memilih opsi pembayaran PayLater saat bertransaksi di merchant mitra OVO dan membayar nanti dengan jangka waktu tertentu.
  7. OVO Protection: OVO Protection adalah layanan asuransi digital yang ditawarkan oleh OVO. Anda dapat memperoleh perlindungan asuransi yang mencakup risiko kesehatan, kecelakaan, dan kehilangan barang berharga melalui fitur ini.
  8. Donasi: OVO Donasi memungkinkan Anda untuk melakukan donasi secara mudah dan aman kepada lembaga amal dan organisasi sosial yang bekerja sama dengan OVO. Anda dapat memilih program donasi yang ingin Anda dukung dan memberikan kontribusi melalui aplikasi OVO.

Selain fitur-fitur di atas, OVO juga terus mengembangkan layanan dan fitur baru untuk memenuhi kebutuhan keuangan digital pengguna. Pastikan untuk memperbarui aplikasi OVO Anda secara teratur untuk mendapatkan informasi terkini tentang fitur dan layanan yang tersedia.

Baca Juga : Langkah-Langkah Membuka WhatsApp Web di HP: Panduan Lengkap untuk Android dan iOS

Keuntungan OVO

OVO menawarkan beberapa keuntungan bagi pengguna dalam pengelolaan keuangan digital mereka. Berikut adalah beberapa keuntungan utama menggunakan OVO:

  1. Kemudahan Pembayaran: OVO memudahkan Anda untuk melakukan pembayaran tagihan, baik tagihan rutin seperti listrik, air, telepon, maupun pembayaran di merchant mitra OVO. Anda dapat melakukannya dengan cepat dan mudah melalui aplikasi OVO, tanpa perlu membawa uang tunai atau kartu fisik.
  2. Transfer Uang Mudah: OVO memungkinkan Anda untuk mentransfer uang kepada pengguna OVO lainnya dengan mudah. Anda dapat mengirimkan uang kepada teman, keluarga, atau mitra bisnis hanya dengan menggunakan nomor ponsel mereka sebagai identifikasi. Ini memudahkan Anda dalam berbagi uang atau melakukan pembayaran kepada orang lain.
  3. Program Cashback dan Promo: OVO menyediakan program cashback dan promo yang menarik. Dalam melakukan transaksi di merchant mitra OVO, Anda dapat memperoleh cashback atau diskon khusus yang dapat menghemat pengeluaran Anda. Ini memberikan keuntungan tambahan dalam penggunaan OVO.
  4. Integrasi dengan Merchant: OVO bekerja sama dengan berbagai merchant, baik offline maupun online. Hal ini memungkinkan Anda untuk melakukan pembayaran di banyak tempat dengan menggunakan OVO sebagai metode pembayaran. Anda dapat melakukan pembelian makanan, minuman, barang-barang ritel, tiket bioskop, dan masih banyak lagi di merchant yang bekerja sama dengan OVO.
  5. Top-up Pulsa dan Paket Data: OVO menyediakan layanan top-up pulsa dan paket data bagi pengguna. Anda dapat mengisi ulang pulsa atau membeli paket data langsung melalui aplikasi OVO, sehingga Anda tidak perlu mencari gerai fisik untuk melakukan top-up.
  6. Keamanan dan Proteksi: OVO memiliki lapisan keamanan yang baik dalam melindungi data dan transaksi pengguna. Selain itu, OVO Protection merupakan layanan asuransi digital yang dapat memberikan perlindungan terhadap risiko kesehatan, kecelakaan, dan kehilangan barang berharga bagi pengguna OVO.
  7. Fitur Investasi: OVO Investa adalah fitur investasi yang memungkinkan Anda untuk berinvestasi dengan nominal kecil dan mendapatkan potensi keuntungan. Anda dapat memilih produk investasi yang sesuai dengan profil risiko Anda dan memantau perkembangan investasi Anda melalui aplikasi OVO.
  8. Ketersediaan di Berbagai Merchant: OVO dapat digunakan di banyak merchant dan tempat yang bekerja sama dengan OVO. Hal ini memberikan fleksibilitas dalam penggunaan OVO untuk melakukan pembayaran atau transaksi di berbagai tempat.

Keuntungan-keuntungan ini menjadikan OVO sebagai solusi yang praktis, efisien, dan menguntungkan dalam pengelolaan keuangan digital. Namun, pastikan untuk selalu membaca syarat dan ketentuan serta memperhatikan batasan dan biaya yang terkait dengan penggunaan OVO.

Bahaya OVO

Berikut adalah beberapa bahaya potensial yang terkait dengan penggunaan OVO:

  1. Keamanan Data: Seperti halnya dengan platform digital lainnya, ada risiko keamanan data saat menggunakan OVO. Ini termasuk risiko kebocoran informasi pribadi atau keuangan Anda yang dapat digunakan oleh pihak yang tidak berwenang. OVO harus melindungi data pengguna dengan menggunakan protokol keamanan yang memadai, tetapi penting bagi pengguna untuk menjaga keamanan akun mereka sendiri, seperti dengan menggunakan kata sandi yang kuat dan tidak mengungkapkan informasi pribadi kepada pihak yang tidak dikenal.
  2. Penipuan: Ada risiko penipuan yang terkait dengan penggunaan OVO. Ini bisa termasuk adanya situs web palsu atau pesan phishing yang mencoba mencuri informasi pribadi atau akun OVO Anda. Penting untuk selalu memverifikasi keaslian pesan atau tautan sebelum memasukkan informasi sensitif atau melakukan transaksi keuangan.
  3. Kehilangan Akses atau Gangguan Layanan: Terkadang, OVO atau platform keuangan digital lainnya dapat mengalami gangguan teknis atau kehilangan akses sementara. Ini dapat mengganggu kemampuan Anda untuk melakukan transaksi atau mengakses dana Anda. Meskipun ini biasanya jarang terjadi, penting untuk menyadari kemungkinan tersebut dan memiliki rencana cadangan jika terjadi masalah teknis.
  4. Ketergantungan pada Teknologi: Mengandalkan teknologi dalam pengelolaan keuangan juga membawa risiko. Jika terjadi gangguan sistem atau kegagalan teknis, Anda mungkin tidak dapat melakukan transaksi atau mengakses dana Anda untuk sementara waktu. Oleh karena itu, penting untuk memiliki alternatif dalam hal ini, seperti cadangan uang tunai atau metode pembayaran lain yang dapat digunakan jika diperlukan.
  5. Penyalahgunaan oleh Pihak Ketiga: Terkadang, ada pihak ketiga yang mencoba memanfaatkan sistem OVO atau menggunakan akun OVO Anda tanpa izin. Hal ini dapat mengakibatkan penggunaan yang tidak sah atau penipuan. Oleh karena itu, penting untuk melindungi informasi pribadi dan akun Anda dengan hati-hati serta memonitor transaksi yang mencurigakan atau tidak dikenal.

Penting untuk diingat bahwa OVO dan platform keuangan digital lainnya terus meningkatkan keamanan mereka dan mengambil langkah-langkah untuk melindungi pengguna. Namun, sebagai pengguna, penting bagi Anda untuk berhati-hati, menjaga keamanan akun, dan mengikuti praktik keamanan yang baik dalam penggunaan layanan keuangan digital apa pun.