Karakteristik Jenis Jenis Bahan Spanduk Outdoor dan Indoor

Bahan Spanduk – Saat ini meskipun media promosi digital sudah semakin banyak digunakan, tapi bukan berarti media promosi cetak sudah tidak digunakan lagi. Macam macam media promosi cetak sangatlah banyak, termasuk juga spanduk.

Spanduk banyak digunakan untuk mempromosikan atau memberikan informasi kepada khalayak umum biasanya untuk penyelenggaraan acara-acara besar. Media promosi ini memang sangat efektif untuk digunakan.

Pada umumnya diletakkan di pinggir jalan dimana kemungkinan besar orang-orang akan melihatnya. Namun tidak jarang juga spanduk dipasang di dalam ruangan.

Dengan berkembangnya teknik cetak dalam dunia industri dan digital printing, bahan yang digunakan untuk mencetak spanduk pun semakin beragam.

Apa saja bahan spanduk itu?

Mari kita ulas mengenai spanduk mulai dari pengertian, fungsi, ciri-ciri, hingga jenis bahan spanduk.

Pengertian Spanduk

pengertian spanduk islamic new year
freepik.com

Secara singkatnya, spanduk adalah media informasi yang memberi tau informasi kepada khalayak ramai.

Secara umum, pengertian spaduk adalah kain panjang yang direntangkan berisi slogan, propaganda, informasi atau berita yang perlu diketahui oleh khalayak umum.

Biasanya spanduk dipasang di pinggir jalan, pintu masuk kompleks, atau di tembok-tembok perusahaan.

Akhir-akhir ini spanduk menjadi pilihan media promosi yang paling banyak digunakan karena harganya murah dan berukuran besar sehingga dapat dengan mudah dilihat oleh khalayak umum yang ditargetkan.

Fungsi Spanduk

fungsi spanduk kemerdekaan
www.gapuradesign.com

Berikut ada beberapa fungsi spanduk, yakni:

  • Untuk media promosi produk, jasa, acara, dan sebagainya.
  • Sebagai pengingat untuk masyarakat terhadap produk atau perusahaan Anda.
  • Mempengaruhi citra produk perusahaan.
  • Membangun loyalitas konsumen atau masyarakat umum terhadap bisnis Anda.
  • Mendapatkan kepercayaan dari masyarakat, yaitu konsumen terhadap produk atau bisnis Anda.

Ciri-Ciri Spanduk

ciri ciri spanduk
www.intidigiprint.com

Media promosi cetak tidak hanya spanduk saja, melainkan banyak sekali macamnya. Oleh karena itu, untuk membedakan spanduk dengan media promosi yang lain, berikut ada ciri-ciri spanduk:

  • Ukuran spanduk biasanya 90/100 x 800 cm.
  • Terbuat dari bahan kain yang memiliki bentuk persegi panjang.
  • Mempunyai desain dan kalimat untuk menyampaikan ide maupun gagasan.
  • Kalimat yang digunakan pendek dan desain tulisannya besar.
  • Menggunakan warna yang mencolok sehingga mudah untuk dilihat dan menarik minat seseorang untuk membacanya.
  • Biasanya terletak di tepi jalan, di depan bangunan, di dinding bangunan, atau dimana pun asalkan di tempat yang banyak dilihat orang.

Jenis Bahan Spanduk

Dulu spanduk berbahan kain adalah pilihan utama. Namun, kini dalam dunia industri percetakan dan digital printing telah tersedia bermacam macam bahan untuk spanduk.

Konsumen dapat memilih bahan spanduk yang diinginkan, atau bisa juga disesuaikan dengan budget yang dimilikinya. Apa saja bahan spanduk yang dapat digunakan saat ini?

Flexi China

Flexi China adalah bahan spanduk yang memiliki permukaan kasar, tidak terlalu tebal, dan memiliki serat. Pada umumnya, bahan spanduk ini digunakan untuk pembuatan spanduk outdoor.

Terdapat berbagai pilihan gramasi yang dapat digunakan untuk bahan spanduk Flexi China ini antara 230 gram sampai dengan 400 gram. Akan tetapi yang sering kali dipakai dalam dunia digital printing adalah 260 gram, 280 gram, dan 340 gram. Untuk proses cetaknya, lebar gulungan bahan antara 220 cm, 250 cm, 320 cm, dan 550 cm.

Memang untuk spanduk outdoor pasti lama kelamaan warnanya akan memudar, bahannya akan retak dan mudah sobek, namun bahan spanduk ini bagus dan bisa bertahan lama. Tapi jika ingin menggunakan bahan spanduk Flexi China untuk indoor juga tidak masalah.

Bahan spanduk Flexi China pada umumnya dipakai untuk mencetak spanduk, I-Banner, X-Banner, Y-Banner, mini X-Banner, baliho, umbul-umbul, roll up, photowall, backwall, wallpaper, billboard, ataupun backdrop.

Flexi Korea

Flexi Korea memiliki kualitas yang lebih bagus daripada bahan spanduk Flexi China. Tekstur yang dimilikinya lebih bagus sehingga dapat menghasilkan hasil cetakan lebih bagus.

Bahan ini sangat cocok untuk media promosi outdoor karena memiliki ketebalan yang cukup baik. Ada pilihan gramasi untuk bahan spanduk ini, mulai dari 250 gram hingga 400 gram. Untuk proses cetak, lebar gulungan bahan antara 250 cm, 320 cm, dan 550 cm.

Selain tebal bahannya juga agak kasar. Tidak hanya untuk spanduk, biasanya Flexi Korea digunakan untuk mencetak baliho, I-Banner, X-Banner, Y-Banner, mini X-Banner, umbul-umbul, wallpaper, ataupun backwall.

Flexi Jerman

Jika bicara soal kualitas bahan spanduk Flexi Jerman ini sudah tidak perlu khawatir dan perlu diragukan lagi. Karena kualitasnya terbukti lebih bagus dibandingkan dengan kedua bahan spanduk di atas.

Ketebalan dari bahan spanduk ini sangat cocok digunakan untuk media promosi outdoor. Bisa dibilang harga spanduk dengan bahan Flexi Jerman ini mahal namun sebanding dengan kualitas yang dimilikinya.

illihan gramasi yang dimilikinya berkisar 230 gram hingga 400 gram. Untuk proses cetak, lebar gulungan bahan antara 250 cm, 320 cm, dan 550 cm.

Percetakan jarang menyediakan bahan spanduk ini karena harganya yang lumayan mahal, kecuali memang pada percetakan yang besar dan lengkap. Kebanyakan percetakan menyediakan bahan Flexi China dan Flexi Korea.

Bahan spanduk Flexi Jerman ini lumayan kasar, halus, dan memiliki ketebalan yang mumpuni. Tidak hanya untuk spanduk, bahan ini juga digunakan untuk baliho, I-Banner, X-Banner, Y-Banner, mini X-Banner, dan roll up.

Albatros

Jenis bahan spanduk Albatros ini memiliki tekstur halus dan lembut yang sangat cocok digunakan untuk mencetak media promosi indoor. Seperti poster, roll up banner, dan X-Banner.

Ada juga yang menggunakan bahan Albatros ini untuk mencetak foto yang berukuran sangat besar. Namun harus di setting dulu secara tepat agar hasil cetak tersebut semakin bagus.

Luster

Bahan spanduk jenis luster ini memiliki tektur agak kasar, mengkilap, dan tipis. Kebanyakan luster ini digunakan untuk mencetak media iklan indoor. Biasanya bahan ini digunakan untuk mencetak roll up dan X-Banner.

Dengan sifat bahannya yang sudah mengkilap, menjadikan bahan ini tidak perlu dilaminasi lagi. Laminasi tidak akan menempel dengan mudah baik pada jenis bahan spanduk ini. Adapun kekurangan dari bahan ini adalah memiliki permukaan berpori-pori yang kasar.

Easy Banner

Jenis bahan ini tidak banyak yang mengetahuinya. AKan tetapi bahan ini sering digunakan untuk mencetak standing banner outdoor. Bahan ini memiliki ciri-ciri lumayak kaku dan kasar. Maka dari itu sangat cocok untuk mencetak media promosi outdoor. Bahan ini semacam frontitle, tapi jauh lebih bagus dan tidak mudah melengkung.

Banner Cloth

Jenis bahan spanduk yang terakhir ini hampir mirip dengan kain biasa karena bisa dipakai untuk cetak banner secara digital printing. Banyak yang menggunakan bahan ini untuk sebuah acara.

Misalnya digunakan untuk pembuatan banner atau spanduk yang diikat pada balon, kemudian diterbangkan. Bahan ini memiliki bert yang ringan, sehingga mudah untuk terbang.

Dari uraian di atas, dapat diketahui bahwa bahan yang digunakan untuk mencetak spanduk sangatlah banyak. Jadi para konsumen dapat memiliki bahan spanduk yang diinginkan.

Dengan seperti itu, jika ingin mencetak spanduk tidak perlu khawatir dengan biayanya. Semua bisa diperkirakan sebelumnya dan disesuaikan dengan penggunaan nantinya. Apakah dalam jangka panjang atau tidak.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *