Pengertian Photoshop yang Memiliki Banyak Fitur dan Versi

Pengertian Photoshop – Sebagai desainer grafis, aplikasi yang digunakan sudah tentu tidak hanya satu aplikasi saja. Nah, seperti pembahasan sebelumnya yang telah membahas mengenai Corel Draw dan Adobe Illustrator. Saat ini kita akan membahas aplikasi lain yang juga sering digunakan oleh desainer grafis.

Aplikasi ini sangat berkaitan dengan perkembangan teknologi yang sangat maju seiring dengan perkembangan media sosial. Semakin maraknya pengguna media sosial yang menjadikan foto sebagai konsumsi publik.

Foto atau gambar yang akan dipost biasanya akan diedit terlebih dahulu. Aplikasi yang akan kita bahas ini merupakan salah satu aplikasi yang memiliki peran cukup besar dalam editing photo.

Aplikasi apa itu?

Namanya Adobe Photoshop, yaitu aplikasi editing photo pada desktop. Dengan menggunakan aplikasi ini hasil foto akan lebih bagus dan lebih menarik. Adobe Photoshop memiliki fitur yang lebih banyak dan lebih canggih.

Yuk kita bahas lengkap mengenai pengertian photoshop, fungsi, kelebihan, dan kekurangan photoshop.

Pengertian Photoshop

pengertian photoshop
pluspng.com

Biasanya orang menyebut aplikasi ini dengan Photoshop, tapi nama aslinya adalah Adobe Photoshop. Pengertian Photoshop itu sendiri adalah perangkat lunak atau software editor citra yang dibuat oleh Adobe Systems digunakan untuk mengedit foto atau gambar dan penambahan efek.

Photoshop merupakan aplikasi yang digunakan untuk memodifikasi gambar atau foto secara profesional, baik meliputi modifikasi objek yang sederhana bahkan hingga yang sulit sekalipun.

Aplikasi ini adalah salah satu software yang berguna untuk mengolah gambar berbasis bitmap, yang mempunyai tool dan efek yang lengkap. Sehingga foto yang dihasilkan memiliki kwalitas tinggi.

Software ini banyak sekali digunakan oleh desainer grafis profesional karena memiliki fitur yang lengkap. Dan kemungkinan sampai saat ini belum ada software yang bisa menyamai kelengkapan fitur yang ada pada photoshop.

Selain fitur yang lengkap, fitur pada Photoshop ini juga mudah untuk dipahami. Jadi bagi para pemula tidak usah ragu kalau ingin belajar Photoshop, karena dijamin para pemula tidak akan kesulitan.

Photoshop memiliki fitur unggulan yang dapat bekerja secara maksimal dan dapat mensupport beberapa file. Aplikasi ini dapat membaca format raster maupun gambar, seperti png, jpeg, gif, dan lain-lain.

Hal itu merupakan syarat wajib yang harus ada menurut desainer grafis karena akan memudahkan pekerjaan. Photoshop digunakan untuk mengedit file berbasis bitmap atau raster. Foto merupakan salah satu contoh gambar berbasis bitmap.

Oleh karena itu para fotografer dan perusahaan iklan banyak yang menggunakan Photoshop, sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) sebagai perangkat lunak pengolah gambar atau foto dan bersama Adobe Acrobat. Photoshop juga merupakan produk terbaik dari Adobe Systems.

Fungsi Photoshop

fungsi photoshop untuk manipulasi
pixabay.com

Jika ditanya fungsi photoshop itu apa, sudah terjawab pada pengertian photoshop. Namun bisa dikatan bahwa fungsi dari photoshop adalah sebagai aplikasi pengedit gambar atau foto berbasis raster atau bitmap.

Dapat dijabarkan juga secara lebih khusus, bahwa fungsi dari photoshop adalah untuk mempercantik gambar, merekayasa atau memanipulasi gambar, dan membuat desain gambar.

Maksud dari fungsi mempercantik gambar adalah dengan cara menghaluskan objek, yang mana hal ini dimaksudkan untuk membuat gambar agar terlihat lebih indah dan menarik.

Sedangkan fungsi photoshop merekayasa atau memanipulasi gambar adalah dengan cara mengubah tampilan asli dari gambar tersebut. Bisa dengan menggabungkan beberapa gambar yang berbeda sehingga terlihat dapat menyatu. Bahkan bisa juga sampai menipu mata para penglihatnya.

Dan fungsi photoshop untuk membuat desain gambar yaitu dengan cara membuat gambra baru, misalnya brosur, poster,sapnduk, undangan, logo, kartu nama, sertifikat, dan lain-lain.

edit foto dengan photoshop
pixabay.com

Jika dilihat secara teknik, ada beberapa fungsi photoshop yaitu:

  • Memotong gambar.
  • Menghilangkan atau menghapus bagian dari objek pada suatu gambar.
  • Merubah intensitas cahaya agar terlihat lebih terang atau lebih gelap.
  • Memberi atau merubah warna gambar.
  • Mempertajam warna dan kualitas gambar.
  • Memperkecil atau memperbesar ukuran gambar.
  • Membersihkan atau memperindah gambar.
  • Memanipulasi atau mengkombinasikan dua gambar bahkan lebih menjadi satu gambar baru.
  • Mengaburkan atau membuat efek blur pada gambar agar terlihat samar-samar.

Di atas adalah fungsi photoshop secara umum dan keseluruhan. Sedangkan di photoshop terdapat bagian-bagian yang memiliki fungsi masing-masing. Seperti layer, menu, tool, dan toolbox. Berikut penjelasannya.

1. Layer

Layer adalah tempat atau kanvas yang digunakan sebagai tempat objek yang didesain. Tidak hanya satu layer yang bisa kita gunakan untuk membuat desain, kita bisa menggunakan layer secara bebas.

Banyaknya layer tersebut tidak akan mengganggu suatu desain pada layer yang lain. Kita bisa mengkombinasikan leyer-layer tersebut menjadi satu gambar.

2. Menu

Menu merupakan tempat dimana semua tool photoshop berada, yaitu menu inti. Menu tersebut antara lain, seperti File, Layer, Edit, Image, Window, Select, 3D,Filter, Analysis, View, dan Help. Menu ini terletak dibagian atas.

3. Tool

Tool adalah alat-alat yang digunakan untuk mendesain atau menyunting gambar. Ada banyak sekali tool yang disediakan oleh Adobe Photoshop. Fungsi tool Photoshop itu pun bermacam-macam dan akan memenuhi semua yang kita butuhkan.

4. Toolbox

Toolbox merupakan tempat khusus yang menyediakan tool-tool penting agar lebih mudah dilihat dan dipakai.

Versi Photoshop

versi photoshop
www.versionmuseum.com

Seiring dengan berjalannya waktu, photoshop pun juga mengalami perkembangan sejak pertama kalinya dirilis. Berikut rentetan perkembangan versi dari photosop.

[table id=17 /]

Kelebihan Photoshop

kelebihan photoshop psd
www.pxleyes.com

Sebagian kelebihan photoshop sudah disebutkan di atas. Tapi masih ada banyak lagi kelebihan dari photoshop, antara lain:

  1. Menghasilkan gambar yang lebih memuaskan
  2. Mudah dipelajari dan dioprasikan
  3. Memiliki banyak fitur-fitur yang unggul
  4. Dapat digunakan untuk membuat tulisa dengan tampilan yang berbeda, tentunya lebih menarik
  5. Dapat digunakan untuk mengedit gambar dan juga untuk mengedit gambar atau foto
  6. Bisa menciptakan berbagai macam material
  7. Lebih familiar dikalangan umum
  8. Fasilitas untuk editing lebih lengkap daripada yang lain
  9. Bisa digunakan untuk rekayasa atau manipulasi foto. Kita bisa mengubah foto kita menjadi lebih keren
  10. Bisa menambah efek lagi meskipun sudah terlalu banyak efek
  11. Dapat menyimpan dalam berbagai format. Ada banyak pilihan format penyimpanan pada photoshop
  12. Sistem kinerjanya lebih cepat.

Photoshop juga memiliki beberapa format file yang khas, yaitu:

  • PSD (Photoshop Document) merupakan format file yang digunakan untuk menyimpan gambar dalam bentuk layer, termasuk teks, blend mode, mask, opacity, clipping paths, channel warna, channel alpha, dan setting duotone.
  • PSB merupakan versi terbaru dari PSD yang diciptakan untuk file yang berukuran lebih dari 2 GB.
  • PDD merupakan versi lain dari PSD yang hanya dapat mendukung fitur software PhotshopDeluxe.

Kekurangan Photoshop

kekurangan photoshop
pixabay.com

Photoshop memang aplikasi yang bisa dibilang tidak ada tandingannya. Aplikasi ini memberikan fitur yang begitu lengkap untuk para desainer. Namun, disamping itu photoshop juga memiliki kekurangan.

Berikut beberapa kekurangan yang dimiliki oleh photoshop.

  1. Banyaknya layer yang dapat digunakan, terkadang dapat membuat orang bingung ketika mendesain dengan photoshop.
  2. Photoshop kurang cocok jika digunakan untuk mendesain majalah dan brosur karena tidak bisa sempurna saat pembuatan paragraf.
  3. Membutuhkan ukuran yang terlalu besar. Ini berpengaruh ketika kita menggunakan banyak layer, maka ukuran di photoshop akan besar.
  4. Kertas yang digunakan untuk mencetak hasil photoshop relatif sulit.

Itulah ulasan mengenai pengertian photoshop, fungsi, hingga kelebihan dan kekurangan photoshop. Jika ingin belajar photoshop tidak usah ragu-ragu. Kamu akan menemukan fitur-fitur hebat yang dapat mengubah foto kamu menjadi menakjubkan.

Bagi yang sudah kenal dengan photoshop dan sudah berkecimpung dalam dunia desain grafis, silahkan kembangkan terus kreativitasnya dengan meng-explore fitur-fitur photoshop.

Semoga dapat bermanfaat. SemangArt Berkarya !!

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *