Tips Membuat Logo Bagus dan Jenis Font Logo Terkenal

Logo Bagus – Menyambung artikel sebelumnya mengenai jenis logo, kita juga harus tau mengenai pembuatan logo yang bagus dan baik agar mudah diingat oleh publik. Karena logo memiliki peran penting bagi sebuah perusahaan atau instansi.

Seorang desainer logo harus mengetahui terlebih dahulu mengenai profil dan seluk beluk perusahaan atau instansi sebelum mendesain logo. Sebuah logo harus dapat menyampaikan pesan meskipun dalam bentuk sederhana.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan logo.

Prinsip Logo

Prinsip logo perlu diketahui sebelum pembuatan sebuah logo. Mengapa demikian?

Logo bagus dan baik itu memiliki ciri-ciri tersendiri, yaitu sederhana, praktis, grafis, tepat sasaran, serta dapat menyampaikan pesan yang dimaksudkan.

Nah, untuk mendapatkan hasil logo dengan ciri-ciri seperti itu para desainer logo harus mengetahui prinsip-prinsip logo. Apa saja prinsip logo?

Ada 5 prinsip logo yang dapat membuat sebuah logo menjadi logo yang efektif. Logo efektif adalah seperti berikut:

1. Sederhana (Simple)

Logo yang sederhana akan memiliki kesan mudah diingat. Terutama bagi logo yang terdapat di pinggir jalan. Orang melihatnya pasti hanya sekilas saja. Nah, logo yang bagus dan baik akan mudah diingat walau hanya dilihat sekilas.

Logo dengan tampilan sederhana namun unik tanpa terlalu banyak desain akan menjadikannya mudah untuk diaplikasikan.

Bahkan prinsip ini telah diaplikasikan pada logo dari merek-merek terkenal. Seperti Nike, Adidas, Apple, dan Mc Donald.

prinsip logo sederhana
dailycandle.blogspot.com

2. Berkesan (Memorable)

Seperti pada prinsip logo sederhana agar mudah diingat, maka harus ada sesuatu yang spesial dari logo tersebut. Dengan ini berarti sebuah logo harus memiliki sesuatu yang berkesan untuk merasuk ke ingatan seseorang yang melihatnya.

prinsip logo berkesan memorable
pinterest.com

3. Abadi (Timeless)

Sebuah logo memiliki prinsipĀ timeless. Oleh karena itu, sebelum membuat sebuah logo haruslah dipikirkan matang-matang.

Logo yang efektif adalah logo yang tak lekang oleh waktu. Logo harusnya dapat bertahan selama mungkin, tidak sering ganti-ganti desain. Karena itu akan berpengaruh pada merek sebuah produk pada ingatan khalayak umum.

Contoh logo yang tak lekang oleh waktu adalah Coca-Cola. Logo ini memang mengalami perubahan, namun bukan perubahan yang signifikan. Perubahan yang dilakukan tidak sampai merusak ingatan khalayak umum mengenai ciri khas logo Coca-Cola.

prinsip logo abadi timeless
www.pulsk.com

4. Serba Guna (Versatile)

Logo yang bagus dan efektif harus dapat ditempatkan pada media apapun. Baik media cetak ataupun media elektronik. Dengan ini logo diharuskan memiliki sifat fungsional.

Logo seperti apa yang bersifat fungsional?

Logo dapat dikatakan memiliki sifat fungsional apabila:

  • Logo dapat dicetak dengan format satu warna.
  • Logo dapat dicetak dengan ukuran besar, bahkan sebesar billboard.
  • Logo dapat juga dicetak dalam ukuran yang sangat kecil.
  • Logo dapat dicetak pada background yang berwarna gelap maupun terang.
prinsip logo serba guna
pluspng.com

Seorang desainer logo biasanya menggunakan format hitam putih dulu untuk mendapatkan prinsip serba guna ini. Karena dengan seperti itu, desainer logo dapat fokus pada konsep dan bentuk logo dibandingkan dengan pewarnaan logo.

5. Sesuai (Appropriate)

prinsip logo sesuai
portal.tahupedia.com

Prinsip ini mengarah pada ketepatan desain logo dengan apa yang dituju. Sebuah logo harus dapat menggambarkan mengenai profil yang diwakilinya agar tepat sasaran.

Misalnya logo produk bayi, maka pemilihan warna dan elemen desainnya pun harus sesuai dengan suasana bayi. Fungsi logo memang sebagai identifikasi suatu produk ataupun instansi.

Tips Membuat Desain Logo

Setelah mengetahui prinsip logo yang membuatnya menjadi logo bagus dan baik, maka pembahasan selanjutnya adalah tentang pedoman untuk membuat desain logo.

Pedoman ini akan memudahkan desainer logo dalam proses pembuatan logo, terutama bagi pemula. Berikut 7 pedoman membuat desain logo, antara lain:

1. Menjelaskan Ide Desain Logo

ide desain logo
pixabay.com

Untuk membuat desain apapun, yang dipertama dibutuhkan adalah sebuah ide. Tanpa adanya ide, sebuah desain tidak akan tercipta.

Bagaimana memunculkan ide tersebut?

Caranya bisa dengan menyiapkan lembaran kertas yang bersih, kemudian bagi kertas tersebut menjadi 3 kolom.

Pada kolom pertama, tulis kata sifat yang menggambarkan merek Anda dan manfaat yang dimillikinya. Misalnya kata-kata:

  • Bersemangat
  • Menyenangkan
  • Menenangkan
  • Sehat
  • Awet

Dengan adanya kata sifat tersebut, bisa memungkinkan sebuah ide akan muncul. Kata-kata tersebut bisa menjadi pancingan untuk melahirkan ide-ide kreatif.

Lanjut ke ke kolom yang kedua, pada kolom ini mulailah dengan membuat elemen-elemen yang akan menjadi objek logo. Dalam pembuatan objek ini tidak harus dengan bentuk yang sempurna.

Apapun ide yang telah muncul, langsung saja dituangkan dalam bentuk sketsa atau hanya sebuah coretan-coretan. Setelah itu baru bisa diperbaiki dan disempurnakan.

Pada kolom ketiga, pilih beberapa warna yang akan diaplikasikan ke logo tersebut, tentunya bukan sembarang warna yang dipilih. Pilihlah warna yang sesuai dengan sifat-sifat yang menggambarkan logo tersebut seperti yang telah terdaftar pada kolom kertas pertama.

Pemilihan warna ini dapat beracuan pada arti psikologi warna. Jika logo menggambarkan sifat yang menyenangkan maka pilihlah warna yang cerah, misalnya kuning. Jika logo menggambarkan keberanian, maka pilihlah warna merah, dan lain-lain.

Warna yang berlawanan satu sama lain pada roda warna disebut dengan warna komplementer.

Sedangkan warna yang saling berdekatan pada roda warna disebut dengan warna analog.

Jika logo bersifat semangat maka menggunakan warna pelengkap. Kalau logo bersifat tenang atau harmonis, maka gunakan warna analog.

Setelah sudah ada sketsanya seperti di atas, bisa lanjut ke tahap pembuatan logo dengan software. Ada banyak software yang dapat digunakan untuk membuat logo, misalnya Coreldraw, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan lain-lain.

2. Mencari Inspirasi Logo

inspirasi logo
pixabay.com

Membuat desain logo bisa juga dengan terlebih dahulu mencari inspirasi logonya orang lain. Carilah logo yang Anda sukai kemudian amati logo tersebut.

Selanjutnya ada beberapa poin yang harus diperhatikan, antara lain:

  • Logo itu termasuk jenis logo apa? Berbentuk abstrak, font logo, simbol ilstrasi, atau kombinasi dari simbol dan font?
  • Jika logo tersebut termasuk logo kombinasi simbol dan font, lallu bagaimana kedua elemen tersebut dapat menyatu?
  • Cari tau apa yang membuat logo tersebut mudah diingat.
  • Kombinasi yang tercipta antara font, warna, dan elemen grafis pada logo tersebut menghasilkan sifat yang seperti apa? Apakah bersifat menyenangkan, inovasi, menenangkan, atau yang lain?
  • Logo tersebut relevan untuk persahaan atau instansi apa?

Font untuk Logo

Saat menciptakan logo, pemilihan jenis font sangatlah berpengaruh. Pilihlah font yang memiliki karakteristik dan beda dari yang lain.

Perusahaan besar pun sangat berhati-hati dalam pemilihan jenis font. Bahkan mereka banyak yang hanya menggunakan komponen font untuk logo mereka, tanpa adanya tambahan elemen grafis lainnya.

Ada beberapa dari mereka yang menghasilkan sebuah logo bagus, unik, dan menarik dengan menggunakan font yang telah di edit dari bentuk aslinya.

Ada yang memodifikasi font seperti kerning yang disesuaikan, ascenders yang diperpanjang, atau modifikasi lain agar font asli yang mereka gunakan tidak mudah untuk dikenali.

Berikut beberapa font yang digunakan oleh brand atau perusahaan besar dan terkenal, antara lain:

Twitter

Font yang dipakai adalah Pico.

logo twitter
www.iconfinder.com

Facebook

Font yang dipakai adalah Klavika Bold.

logo facebook
www.orourkehospitality.com

WhatsApp

Font yang dipakai adalah Helvetica Neue 75 Bold.

logo whatsapp
www.freepngimg.com

Instagram

Font yang dipakai adalah Billabong.

logo instagram
cyware.com

Youtube

Font yang dipakai adalah Trade Gothic Bold Condensed no.20.

logo youtube
uxplanet.org

Google

Font yang dipakai adalah Sans Serif typeface think Helvetica.

logo google
www.freepnglogos.com

Adidas

Font yang dipakai adalah Avant Garde Gothic Demi.

logo adidas
www.theriveroverseas.com

Adobe

Font yang dipakai adalah Myriad Pro Bold Condensed.

logo adobe
getdrawings.com

Microsoft

Font yang dipakai adalah Segoe UI.

logo microsoft
www.freepnglogos.com

Trip Advisor

Font yang dipakai adalah Frutinger Roman.

logo Trip Advisor
pluspng.com

Linked.in

Font yang dipakai adalah Myriad Bold.

logo LinkedIn
pustakawanjogja.blogspot.com

AOL

Font yang dipakai adalah Avenir Next Pro Bold.

logo aol
id.wikipedia.org

Walt Disney

Font yang dipakai adalah Walt Disney Script.

logo walt disney
www.pinterest.com.mx

Wall Mart

Font yang dipakai adalah Myriad Pro Bold.

logo wall mart
dafont.com

Visa

Font yang dipakai adalah Myriad Black Italic.

logo visa
www.freepnglogos.com

Paypal

Font yang dipakai adalah Futur Bold Oblique.

logo paypal
logos-download.com

Toshiba

Font yang dipakai adalah Eurostile Black.

logo toshiba
wasabiweb.se

Toyota

Font yang dipakai adalah Avenir 95 Black.

logo toyota
warungvector1.blogspot.com

Panasonic

Font yang dipakai adalah Helvetica Black.

logo panasonic
www.logolynx.com

Unicef

Font yang dipakai adalah Univers Light.

logo unicef
icon-library.net

Standard Chartered

Font yang dipakai adalah Helvetica Neue 55 Roman.

logo Standard Chartered
moneyinsight.id

Spotify

Font yang dipakai adalah LL Circular.

logo Spotify
fontmeme.com

Starbucks

Font yang dipakai adalah Freightsans black.

logo Starbucks
seeklogo.com

Dolce & Gabbana

Font yang dipakai adalah Futura Demi Bold.

logo Dolce & Gabbana
seeklogo.com

Gillette

Font yang dipakai adalah Futura Extra Black Italic.

logo gillette
www.pinterest.cl

Puma

Font yang dipakai adalah My Puma.

logo Puma
www.idntheme.com

Playstation

Font yang dipakai adalah Pathboy Slim.

logo playstation
hypemagazine.co.za

Snickers

Font yang dipakai adalah Lunch Time Normal.

logo snickers
ya-webdesign.com

Nike

Font yang dipakai adalah Futura Condensed Extra Black

logo nike
hdwallpaperg.com

Nutella

Font yang dipakai adalah Avant Garde Gothic Bold.

logo nutella
fontid.co

Vogue

Font yang dipakai adalah Didot Reguler.

logo VOGUE
commons.wikimedia.org

Subway

Font yang dipakai adalah Helvetica Black.

logo Subway
logo-logos.com

Omega

Font yang dipakai adalah Futura Medium.

logo Omega
gspga.com

Sebuah logo memang sangat berpengaruh terhadap perkembangan sebuah perusahaan atau instansi tersebut. Jika logo mudah untuk diingat, kemungkinan besar akan mudah dikenali oleh publik.

Semoga tips membuat logo yang bagus di atas dapat menambah wawasan para pembaca dan dapat bermanfaat. Ciptakan logo dengan kreativitas kalian. SemangART Berkarya !!

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *