Pengertian Desain Produk Lengkap dengan 4 Contohnya

Pengertian Desain Produk – Ketika memulai sebuah usaha baru, hal yang harus kita lakukan adalah memperkenalkan produk tersebut ke khalayak umum. Nah, bagaimana caranya?

Sebelumnya harus sudah dipastikan bahwa produk kita itu memang dibutuhkan oleh masyarakat dengan melakukan beberapa penelitian sebelumnya. Dengan begitu akan mempermudah kita untuk memperkenalkan produk kita.

Seperti pembahasan sebelumnya, logo sangat berperan penting bagi sebuah perusahaan atau instansi. Oleh karena itu, tampilan jenis logo kita juga berpengaruh pada kepercayaan masyarakat.

Logo yang bagus akan meyakinkan masyarakat bahwa produk kita benar-benar terpercaya. Tentunya dengan tampilan logo yang mencerminkan usaha kita.

Tapi tidak cukup bermodalkan logo saja, desain produk juga harus dipersiapkan sebaik mungkin. Masyarakat akan lebih tertarik dengan produk yang dikemas secara rapi.

Tidak perlu khawatir jika kita tidak bisa membuat desain produk sendiri, karena sekarang sudah banyak sekali jasa desain grafis yang melayani berbagai macam kebutuhan desain. Seperti di instagram @defar.art free konsultasi dan desain bisa sesuai keinginan kita.

Apa itu desain produk?

Mari kita bahas bersama mengenai desain produk dan semua yang berhubungan dengan desain produk.

Pengertian Desain Produk

pengertian desain produk
www.sribu.com

Pengertian Desain Produk – Desain produk adalah terjemahan dari Industrial Design. Desain produk biasa disebut dengan desain kemasan yang memiliki arti sebagai sebuah ide, pengembangan konsep, pengujian, pelaksanaan manufaktur atau jasa.

Pengertian desain produk adalah rangkaian usaha untuk mempelajari dan merencanakan benda pakai yang fungsional, estetis, dan ergonomis. Jadi akan menjadi lebih bernilai dan bermanfaat bagi konsumen.

Desain produk bisa juga diartikan sebagai sebuah proses dalam menciptkan produk baru yang rencananya akan dijual untuk masyarakat luas.

Ruang Lingkup Desain Produk

ruang lingkup desain produk
siplah.eurekabookhouse.co.id

Pengertian Desain Produk – Jika bicara soal ruang lingkup desain produk, bisa dibilang ruang lingkupnya sangatlah luas. Mulai dari alat transportasi, alat peraga, kriya, sampai perlengkapan rumah tangga.

Berikut pengelompokkan ruang lingkup desain produk secara umum:

  1. Desain produk kerajinan atau kriya
  2. Desain produk perlengkapan
  3. Desain produk lingkungan
  4. Desain produk transportasi

Desain produk adalah cabang dari ilmu desain yang unik tetapi memiliki kadar keterdisiplinan tinggi. Disiplin ilmu itu mencakup desain grafis, estetika, teknologi, teknik industri, hingga manajemen. Hal ini dikarenakan tujuan dari desain produk mencakup banyak hal.

Maksud dan Tujuan Desain Kemasan

maksud dan tujuan desain kemasan
design.tutsplus.com

Sebuah produk baru sangat membutuhkan usaha untuk mengembangkannya. Tentunya masyarakat juga belum mengenal produk tersebut. Jika dilihat dari definisi desain produk, disinilah peran dari desain produk.

Maksud dari desain produk yakni:

  • Untuk memperkecil kemungkinan terjadinya kegagalan dalam pembuatan suatu produk.
  • Sebagai alat memilih metode yang paling baik dan ekonomis dalam pembuatan produk.
  • Sebagai alat ukur kelayakan produk, apakah sudah memenuhi persyaratan atau masih harus diperbaiki lagi.
  • Untuk menentukan standarisasi atau spesifikasi produk yang dibuat.
  • Untuk menghitung biaya dan menentukan harga produk yang akan dibuat.

Tujuan dari desain produk yakni:

  • Berperan sebagai identitas atau merek produk
  • Untuk menciptakan produk yang memiliki kualitas tinggi dan nilai jual yang tinggi
  • Untuk menghasilkan produk yang sedang trend di masa tersebut.
  • Untuk menghasilkan produk sehemat mungkin dalam penggunaan bahan baku dan biaya-biaya tanpa mengurangi nilai jual dari produk itu.

Tujuan desain produk menurut Drefyus yakni:

  • Kegunaan (Utility), mencakup keamanan dan kemudahan produk ketika digunakan.
  • Tampilan (Appearance), produk harus menarik dengan tampilan yang unik dan indah
  • Kemudahan pemeliharaan (Easy to maintenance), kemudahan dalam perawatan dan perbaikan produk.
  • Biaya rendah (Low cost), agar dapat bersaing sebuah produk harus bisa diproduksi dengan biaya yang rendah.
  • Komunikasi (Communication), sebuah desain produk harus dapat menyampaikan misi dan filososfi perusahaan kepada konsumen.

Fungsi Desain Produk

fungsi desain produk
customkemasan.com

Pengertian Desain Produk – Semua hal yang diciptakan pasti memiliki fungsi tersendiri, begitupun dengan desain produk. Inilah beberapa fungsi desain produk:

  • Berfungsi sebagai identitas dari produk.
  • Sebagai penambah nilai jual dari produk.
  • Berperan melindungi produk

Konsep Desain Produk

konsep desain produk
www.sribu.com

Pengertian Desain Produk – Sebuah produk pasti memiliki pesaing dengan produk dari perusahaan lain. Oleh karena itu, dalam menjalankan aktifitasnya manajemen perusahaan harus memahami kualitas produk yang memegang peran penting sebagai konsep agar dapat bersaing dalam jangka panjang.

Keputusan dalam membuat desain produk bisa diartikan juga sebagai keputusan  dalam menentukan kualitas produk seperti apa yang akan dihasilkan oleh perusahaan.

Inilah 4 konsep desain produk yang perlu kita ketahui:

1. Penelitian dan Pengembangan (Rwsearch and Development)

Pengertian Desain Produk – Dasar untuk pencarian pengetahuan baru adalah dengan melakukan penelitian. Dengan melakukan penelitian, produk baru dapat dikembangkan di masa depan. Meskipun hal ini tidak berpengaruh secara langsung. Penelitian dapat diterapkan untuk mengembangkan produk secara komersial.

2. Rekayasa terbalik

Ini adalah proses pembongkaran produk, dengan memahami desainnya dan mengembangkan produk menjadi lebih baik dari yang sebelumnya.

3. Penggunaan sistem perangkat lunak

Digunakan untuk mengembangkan model terkomputersasi dari produk baru dan emenganalisis parameter desainnya.

4. Pendekatan sistematik untuk mengintegrasi semua proses desain produk dan proses-proses pendukungnya

Pengertian Desain Produk – Desainer memiliki tugas untuk memperhatikan dan mempertimbangkan semua aspek siklus hidup produk. Termasuk aspek kualitas, jadwal, biaya, dan kebutuhan konsumen.

Maka diperlukan adanya pengembangan konsep dasar, desain produk, pengembangan proses pembuatan, pemilihan dan pengaturan bahan untuk desain baru yang dilakukan oleh tim berbeda pada saat yang sama.

Dengan demikian dapat menghemat banyak waktu untuk mengembangkan produk baru. Pada kenyataannya, beberapa konsep digabungkan dan diterapkan bersama untuk merancang suatu produk baru.

Jenis-Jenis Desain Produk

jenis jenis desain produk
campurandom.blogspot.com

Pengertian Desain Produk – Desain produk terbagi menjadi dua bagian, yaitu:

  1. Desain produk yang benar-benar baru, yakni membuat rancangan dan sketsa baru yang belum pernah ada pada desain sebelumnya.
  2. Memodifikasi produk yang sudah ada (redesign) atau mengembangkan desain produk yang sudah ada.

Desain Produk Kemasan

Pengertian Desain Produk – Kini persaingan bisnis semakin ketat, perusahaan tidak bisa jika hanya mengandalkan kualitas produk. Perusahaan harus mempunyai ciri khas tersendiri pada produknya. Dengan seperti itu, maka produk yang dimilikinya dapat dikenal luas dan dapat menarik minat konsumen.

Meskipun suatu produk memiliki kualitas yang sangat baik, namun tidak diimbangi dengan desain kemasan yang baik maka akan sia-sia. Kebanyakan orang menilai apapun dari kemasannya.

Jika kemasannya sudah bagus, maka akan menimbulkan pemikiran positif bahwa isinya pun memiliki kualitas sebaik kemasannya.

Kemasan bahkan memiliki peran sebagai identitas suatu bisnis. Desain kemasan yang menarik dan unik akan menjadi ciri khas dan pembeda dari kompetitornya.

Perusahaan dapat menyampaikan beberapa informasi melalui desain kemasan. Informasi tersebut terkait kualitas, logo, merek, dan lain-lain. Inilah yang dapat menarik perhatian konsumen untuk menyukai produk tersebut.

Suatu rancangan atas kemasan pada suatu produk yang berperan sebagai upaya untuk mendukung pemasaran disebut dengan desain produk kemasan. Tidak hanya berfungsi sebagai pembungus, desain produk kemasan juga mempunyai fungsi lain terkait pemasaran. Fungsi itu antara lain:

  • Memberi proteksi.
  • Penegasan identitas.
  • Wadah pendistribusian
  • Penyampaian informasi
  • Sarana komunikasi visual (kesan elegan, ekslusif, dan berkualitas).
  • Simbol estetika dapat dilihat dari elemen desainnya, seperti tipografi, warna, dan komposisi.
  • Aspek ergonomi, meliputi kemudahan dan kenyamanan saat pemakaian.

Contoh Desain Produk Kemasan

desain kemasan produk jamur
www.sribu.com
desain kemasan produk
campurandom.blogspot.com
desain kemasan produk kue box
ramesia.com
desain produk kemasan jeruk
jurnalmanajemen.com

Desain Produk Industri

Pengertian Desain Produk – Desain produk industri merupakan bidang ilmu dalam merencanakan dan merancang suatu produk yang berfungsi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan kebutuhan manusia. Hal ini berdasarkan pada perkembangan prinsip-prinsip industri yang melingkupinya untuk meningkatkan kualitas hidup manusia.

Desain produk industri termasuk salah satu dari industri kreatif. Kini industri kreatif sedang berkembang pesat di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di Indonesia. Potensi ini memberikan peluang untuk perkembangan desain produk industri.

Contoh Desain Produk Industri

flashdisk unik
jasawordpress.com
desain produk industri tempat sampah
jurnalmanajemen.com

Pengertian Desain Produk – Desain produk memang sangat diperlukan untuk menunjang perkembangan suatu produk. Dengan begitu persiapkanlah desain produk sebaik mungkin. Karena hal ini berpengaruh terhadap keberhasilan usaha Anda.

Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan. SemangART Berkarya!!

Baca Juga Artikel Lainnya: